UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN PENDEKATAN INQUIRY PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 104202 BANDAR SETIA T.A 2011/2012

Manik, Sami (2012) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN PENDEKATAN INQUIRY PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 104202 BANDAR SETIA T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313312 COVER.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313312 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313312 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313312 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313312 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313312 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313312 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313312 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313312 BAB I.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313312 BAB V.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313312 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SDN 104202 Bandar Setia, dengan menggunakan Pendekatan Inquiry dengan sasaran utama untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa pada pelajaran ipa di kelas IV SDN 1042020 Bandar Setia. Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah dengan penggunaan pendekatan Inquiry dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran IPA kelas IV SDN 104202 Bandar Setia. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka peneliti melakukan observasi dan angket. Adapun observasi yang dilakukan meliputi observasi guru dan siswa. Sedangkan angket dilaksanakan pada siklus I dan siklus II. Dari hasil observasi yang diperoleh dari 36orang siswa pada siklus I pertemuan 1 hanya terdapat 7orang siswa yaitu, 3orang siswa laki-laki dan 4orang siswa perempuan ( 19,44% ) yang memiliki motivasi baik, Dari siklus I pertemuan 2 diperoleh hasil 15 orang siswa yaitu, 6orang siswa laki-laki dan 9orang siswa perempuan yang sudah memiliki motivasi yang baik dengan persentase 41,66%. Namun hasil tersebut belum mencapai target yang diharapkan oleh peneliti yaitu siswa yang memiliki motivasi belajar sekitar 80%. Selanjutnya peneliti melakukan siklus II agar hasil yang diperoleh siswa sesuai dengan yang diharapkan. Dari siklus II pertemuan1 diperoleh hasil 29 siswa yaitu, 10 orang siswa laki-laki dan 19orang siswa perempuan yang memiliki motivasi baik dengan persentase 80,55% dan pada Siklus II Pertemuan2 diperoleh 31 orang siswa yaitu, 12 orang siswa laki-laki dan 19orang siswa perempuan dengan persentasi 86,11% Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan inquiri dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran IPA pada sub materi Gaya di kelas IV SDN 104202 Bandar Setia. Dari hasil temuan peneliti diatas dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan dengan menggunakan pendekatan inquiri dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran IPA kelas IV SDN 104202 Bandar Setia T.A 2011/2012.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorKaro-Karo, Demmu195810071985011001
Call Number: 372.2 Man u
Keywords: Motivasi Belajar; Siswa; Pendekatan Inquiry; IPA
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6323

Actions (login required)

View Item View Item