UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PARTISIPATIF DI KELAS IV SD NEGERI 026606 BINJAI BARAT T.A 2012/2013

Windayani, Ratna (2012) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PARTISIPATIF DI KELAS IV SD NEGERI 026606 BINJAI BARAT T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313274 COVER.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313274 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313274 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313274 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313274 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313274 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313274 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313274 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313274 BAB I.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313274 BAB V.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313274 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview

Abstract

Masalah yang dihadapi peneliti adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran matematika di kelas IV SD Negeri 026606 Binjai Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan metode partisipatif dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok sifat-sifat operasi hitung di kelas IV SD Negeri 026606 Binjai Barat T.A 2012/2013.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 026606 Binjai Barat yang berjumlah 31 orang siswa yang terdiri dari 15 orang laki-laki dan 16 orang perempuan, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah menggunakan metode partisipatif untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data tes yang terdiri dari 10 soal essay yang dilakukan pada saat pretes dan pos test saat akhir pelajaran matematika. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pretes hasil belajar siswa memiliki rata-rata 40.48 dengan perincian dari 31 orang siswa hanya terdapat 6 siswa (19.35%) yang telah tuntas belajar dan 25 siswa (80.65%) dinyatakan belum tuntas belajar. Setelah diberikan pengajaran dengan menggunakan metode partisipatif, hasil belajar siswa meningkat sebesar 40.48 menjadi 61.29 pada postes I, dengan perincian 17 siswa (54.83%) sudah mencapai ketuntasan belajar dan 14 (45.16%) belum tuntas belajar dan mengalami peningkatan kembali pada postes II sebesar 61.29 menjadi 80.64 dengan perincian 28 siswa (90.32%) sudah mencapai ketuntasan belajar dan 3 siswa (9.67%) dinyatakan belum tuntas belajar, sehingga secara klasikal kelas tersebut dinyatakan telah tuntas belajar karena telah memenuhi standar minimal 80% dari jumlah keseluruhan siswa yang mencapai ketuntasan belajar secara individual.Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode partisipatif dapat meningkatkan hasil belajar siswapada pelajaran matematika materi pokok sifat-sifat operasi hitung.di kelas IV SD Negeri 026606 Binjai Bar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSimbolon, Naeklan195704251982032001
Call Number: 372.2 Win u
Keywords: Hasil Belajar Siswa; Model Pembelajaran Partisipatif
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6319

Actions (login required)

View Item View Item