MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE BRAINSTORMING PADA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 020271 BINJAI TIMURT.A.2011/2012

Siregar, Sutan Mara Doli (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE BRAINSTORMING PADA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 020271 BINJAI TIMURT.A.2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313360 COVER.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313360 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (455kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313360 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313360 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313360 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313360 BAB I.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313360 BAB V.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313360 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan metode brainstorming dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada masalah kemiskinan,pengangguran dan kenakalan remaja dalam pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi masalah kemiskinan,pengangguran dan kenakalan remaja melalui metode brainstorming di kelas IV SD.N. 020271 Binjai Timur.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 020271 Binjai Timur sebanyak 26 siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah penilaian tes dan penilaiana ketuntasan belajar.Hasil penelitian ini diperoleh rata-rata nilai pretes 30,76 dengan ketuntasan belajar 11,53% atau hanya 3 siswa yang tuntas belajar. Rata-rata nilai siswa pada postes siklus I sebesar 63,84 dengan ketuntasan belajar 46,15% atau hanya 12 siswa yang tuntas belajar. Sedangkan pada siklus II rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 88,46 dengan ketuntasan belajar 88,46%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode brainstorming dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi masalah kemiskinan,pengangguran dan kenakalan remaja di kelas IV SD Negeri 020271 Binjai Timur T.A. 2011/2012.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSimanihuruk, Akden195612311988031008
Call Number: 374.071 Sir n
Keywords: Hasil Belajar; Metode Brainstorming; IPS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6315

Actions (login required)

View Item View Item