MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING DI KELAS V SD NEGERI 101788 MARINDAL I TAHUN AJARAN 2011/2012

Putri, Nizmi (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING DI KELAS V SD NEGERI 101788 MARINDAL I TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108113046 COVER.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113046 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (423kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113046 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113046 ABSTARK.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113046 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113046 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113046 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113046 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113046 BAB I.pdf - Published Version

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113046 BAB V.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113046 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview

Abstract

Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran IPA pokok bahasan Daur Air hal itu dapat diketahui dari rendahnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal yang diberikan. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing pada mata pelajaran ipa pokok bahasan Daur Air di kelas V SD Negeri 101788 Marindal I Tahun Ajaran 2011/2012.Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 101788 Marindal I Tahun Ajaran 2011/2012 pokok bahasan Daur Air?Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dengan 2 (dua) siklus yang terdiri dari 2 (dua) pertemuan dan 4 (empat) tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas V SD yang berjumlah 31 orang yang terdiri dari 15 perempuan dan 16 laki-laki. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan data kuantitatif berupa test dan data kualitatif berupa observasi. Dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari mulai test awal (pre-test) hingga pada siklus II. Pada test awal yang dilakukan sebelum siklus I, ada 2 orang siswa (6,45%) yang berhasil dalam mencapai ketuntasan belajar dan 29 siswa ( 93,55%) yang tidak tuntas dalam belajar. dengan rata-rata nilai 39,67. Ketuntasan belajar pada post test siklus I mencapai 16 orang siswa (51,61%) dan 15 siswa (48,39%) yang tidak tuntas dalam belajar. Dengan rata-rata nilai 60,32. Dan ketuntasan belajar siswa pada post test siklus II mencapai 29 orang siswa (93,55%) dan 2 (6,45%) yang tidak tuntas dalam belajar dengan rata-rata nilai 82,25 Jadi dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 101788 Marindal I Tahun Ajaran 2011/2012.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorKaro-Karo, Demmu1958100719985011001
Call Number: 372.2 Put m
Keywords: Hasil Belajar IPA; Model Pembelajaran Kooperatif tipe Snowball Throwing
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6309

Actions (login required)

View Item View Item