UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN METODE SQ3R KELAS VI SD NEGERI 107427 PANTAI CERMIN T.A 2011/2012

Fadly, Muhammad (2013) UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN METODE SQ3R KELAS VI SD NEGERI 107427 PANTAI CERMIN T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108113044 COVER.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113044 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113044 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113044 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113044 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113044 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113044 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113044 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113044 BAB I.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113044 BAB V.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview

Abstract

Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa kelas VI SD Negeri 107427 Pantai Cermin. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa melalui Metode Pembelajaran SQ3R pada pelajaran IPS Kelas VI SD Negeri 107427 Pantai Cermin. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan Metode Pembelajaran SQ3R pada pelajaran IPS dengan tujuan meningkatkan minat belajar siswa kelas VI SD Negeri 107427 Pantai Cermin yang berjumlah 28 orang dengan perincian 11 orang laki-laki dan 17 orang perempuan. Objek penelitian ini adalah Metode Pembelajaran SQ3R pada pelajaran IPS dalam meningkatkan minat belajar siswa pada materi pokok Perkembangan Sistem Administrasi Wilayah Indonesia di kelas VI SD Negeri 107427 Pantai Cermin T.A 2011/2012. Penelitian ini menggunakan dua siklus yaitu siklus I dan Siklus II. Dalam siklus I terdapat dua kali pertemuan dan siklus II juga dua kali pertemuan. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I peneliti memberikan kondisi awal untuk mengetahui minat belajar siswa pada pelajaran IPS khususnya materi pokok Perkembangan Sistem Administrasi Wilayah Indonesia. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan angket. Hasil penelitian yang diperoleh dengan Metode Pembelajaran SQ3R pada saat kondisi awal, siklus I dan Siklus II adalah : pada kondisi awal nilai rata-rata minat belajar siswa tergolong rendah sebanyak 20 orang siswa (71.4%), minat belajar siswa tergolong sedang sebanyak 6 orang siswa (21.4%), minat belajar siswa tergolong tinggi sebanyak 2 orang siswa (7.2%). Pada siklus I minat belajar siswa tergolong rendah sebanyak 7 orang siswa (25%), minat belajar siswa tergolong sedang sebanyak 14 orang siswa (50%), minat belajar siswa tergolong tinggi sebanyak 7 orang siswa (25%). Pada siklus II minat belajar siswa tergolong sedang sebanyak 4 orang siswa (14.3%), minat belajar siswa tergolong tinggi sebanyak 24 orang siswa (85.7%), dan pada siklus II tidak ada minat belajar siswa yang tergolong rendah. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan Metode Pembelajaran SQ3R dapat meningkatkan minat belajar siswa pada pelajaran IPS di kelas VI SD Negeri 107427 Pantai Cermin T.A 2011/2012.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSitohang, Rsima195907161984032001
Call Number: 372.83 Fad m
Keywords: Hakekat; Metode; SQ3R; Survey; Question; Read; Recite; Review; IPS; Ilmu Sosial
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6308

Actions (login required)

View Item View Item