PENGGUNAA STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS KELAS V SDN 106143 SUNGGAL TAHUN AJARAN 2012 / 2013

Kembaren, Sri Ngenana Br. (2013) PENGGUNAA STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS KELAS V SDN 106143 SUNGGAL TAHUN AJARAN 2012 / 2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
109311103 COVER.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311103 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311103 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311103 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311103 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311103 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311103 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311103 BAB I.pdf - Published Version

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311103 BAB V.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311103 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa terhadap pembelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk : meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS pokok bahasan Persiapan Kemerdekaan Indonesia kelas V SD Negeri 106143 Sunggal. Jenis penilitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 31 siswa yang terdiri dari 14 siswa perempuan dan 17 siswa laki laki SD Negeri 106143 Sunggal, tehnik pengumpulan data penelitian dilakukan dengan teknik observasi dan tes.Analisis data dilkukan dengan cara analisis data kualitatif dan analisis persentase.Prosedur dalam penelitian ini terdapat dua siklus yaitu siklus I dan II terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksiBerdasarkan hasil perhitungan pretes maka dapat diketahui bahwa dari 31 orang siswa, sebanyak 22 orang (71%) yang mendapat hasil belajar rendah (tidak tuntas) dan sebanyak 9 orang (29%) yang masuk dalam katagori hasil belajar tinggi (tuntas) dalam mata pelajaran IPS.Dari hasil belajar post tes pada siklus I diperoleh data sebanyak 13 orang (42%) yang masuk kedalam katagori hasil belajar tinggi (tuntas). Jika dibandingkan dengan hasil pretes yang dilakukan oleh peneliti pada siklus I (setelah diberi perlakuan pada siswa) maka dapat dikatakan terjadi peningkatan sebanyak 13%. Walaupun demikian keberhasilan proses belajar mengajar pada siklus I belum dapat dikatakan berhasil sebab masih diperoleh data siswa yaitu sebanyak 18 orang (58%) yang belum mencapai hasil belajar baik (belum tuntas), oleh karena itu data hasil belajar siswa pada siklus I digunakan sebagai acuan untuk melakukan tindakan pada sikllus II.Berdasarkan analisis data pada siklus II diperoleh bahwa dari 31 orang siswa memperoleh nilai >71 sebayak 24 siswa atau (78%) dikatakan tuntas belajar dan terdapat 7 atau (22%) orang siswa yang belum tuntas, secara klasikal maka dapat dikatakan 78% siswa yang mengalami ketuntasan dalam belajar.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan pembelajaran kntekstual pada pelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD negeri 106143 Sunggal T.A 2012/2013. Jadi kesimpulannya bahwa strategi pembelajaran kontekstual merupakan salah satu strategi pembelajaran yang dapat menciptakan pembelajaran menjadi lebih menyenangkan juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Call Number: 372.83 Kem p
Keywords: Hasil Belajar; Strategi Pembelajaran; Kontekstual; IPS; Proklamasi; Kemerdekaan Indonesia
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6295

Actions (login required)

View Item View Item