MENINGKATKAN EFEKTIFITAS BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE STOP THINK DO DI KELAS V MIS BIDAYATUL HIDAYAH-2 BANDAR KHALIFAH KECAMATAN PERCUT SEI TUAN T.A 2012/2013

Rahmawati, Emma (2013) MENINGKATKAN EFEKTIFITAS BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE STOP THINK DO DI KELAS V MIS BIDAYATUL HIDAYAH-2 BANDAR KHALIFAH KECAMATAN PERCUT SEI TUAN T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1104311012 COVER.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311012 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311012 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311012 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311012 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311012 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311012 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311012 BAB I.pdf - Published Version

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311012 BAB V.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311012 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah efektivitas belajar siswa rendah pada mata pelajaran IPA. Selanjutnya yang menjadi tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah metode Stop Think Do dapat meningkatkan efektifitas belajar siswa pada pelajaran IPA pokok bahasan Gaya. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas V MIS Bidayatul Hidayah-2 T.A. 2012/2013 yang berjumlah 30 orang siswa yang terdiri dari 17 siswa perempuan dan 13 siswa laki-laki. Pelaksanaan penelitian dilaksanakan selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi berupa daftar check-list efektivitas belajar siswa. Instrumen lembar observasi dalam penelitian ini digunakan daftar check-list efektivitas belajar siswa dengan indikator sebagai berikut: 1) Kesiapan dalam menerima pelajaran, 2) Bertanggung jawab dalam kelompok, 3) Menjawab dengan aktif, 4) Bekerjasama dengan kelompok, 5) Menyumbangkan nilai untuk kelompok, 6) Menjadi tutor sebaya. Hasil penelitian diperoleh bahwa penerapan penggunaan metode Stop Think Do dapat meningkatkan efektifitas belajar tentang Gaya pada siswa kelas V MIS Bidayatul Hidayah-2. Hal ini dapat dilihat dari persentase efektifitas belajar siswa Pada siklus I pertemuan I mendapatkan skor rata – rata 44.723%, kemudian terjadi peningkatan pada pertemuan II dengan skor 61.38%. pada siklus II pertemuan I mendapatkan skor rata – rata 79.86%, dan kemudian meningkat di pertemuan II dengan hasil 88.05%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode Stop Think Do dapat Meningkatkan efektivitas belajar siswa kelas V MIS Bidayatul Hidayah-2 pada pokok bahasan Gaya pada T.A 2012/2013. Disarankan kepada guru untuk menggunakan metode Stop Think Do ketika proses pembelajaran berlangsung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorAnwar, Khairul195807091985011001
Call Number: 372.35 Rah m
Keywords: IPA; efektifitas belajar; metode; stop think do; gaya
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6262

Actions (login required)

View Item View Item