PENGARUH LAYANAN BIMBINGA KELOMPOK TERHADAP HARGA DIRI (SELF ESTEEM ) SISWA KELAS XI SMA NEGERI I BATANG KUIS TAHUN AJARAN 2012/2013

Miswanto, (2012) PENGARUH LAYANAN BIMBINGA KELOMPOK TERHADAP HARGA DIRI (SELF ESTEEM ) SISWA KELAS XI SMA NEGERI I BATANG KUIS TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1081210011 COVER.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1081210011 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1081210011 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1081210011 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1081210011 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (4kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1081210011 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1081210011 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1081210011 BAB I.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1081210011 BAB V.pdf - Published Version

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1081210011 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Apakah ada pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap harga diri (self esteem) siswa kelas XI IPS2 di SMA Negeri 1 Batang Kuis”?. Penelitian ini bertujuan “Untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap harga diri (self esteem) siswa kelas XI IPS2 di SMA Negeri 1 Batang Kuis”. Penelitina ini dilaksanakan pada bulan pertengahan Juni sampai dengan pertengahan Agustus 2012. tempat penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Bantang Kuis. Jalan Pancasila, Kecamanatan Batang Kuis, Kabupaten Deli Serdang. Populasi adalah keseluruhan siswa kelas XI IPS2 yang berjumlah 38 siswa. Sample penelitian ini berjumlah 10 siswa yang mempunyai harga diri (self esteem) rendah yang ditentukan secara purposive sampling (penarikan sampel secara sengaja) atau rekomendasi data dari guru BK (konselor). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket Harga diri (self esteem). Angket di uji coba harga diri (self esteem) sebanyak 54 butir pertanyaan yang diberikan kepada seluruh siswa kelas IX IPS2 yang berjumlah 38 siswa. Angket harga diri (self esteem) yang valid sebanyak 30 butir pertanyaan yang akan diberikan kepada 10 siswa yang mendapatkan perlakuan (Bimbingan Kleompok). Teknik analisis data menggunakan uji beda (uji t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan harga diri (self esteem) yang rendah dengan pemberian layanan bimbingan kelompok di peroleh nilai rata-rata Pre-test = 81,9 dan Standard Deviasi (SD) = 7,20 sedangkan nilai rata-rata Post-test = 102,1 dan Standard Deviasi (SD) = 6,54 dengan demikian pemberian layanan bimbingan kelompok terhadap harga diri (self esteem) siswa dapat mengubah harga diri (self esteem) yang lebih baik. Dari hasil hipotesis dengan harga ttabel pada N-1 = N-10 pada taraf nyata α = 0,05 diperoleh sebesar 1,83, maka thitung > ttabel = (11,41 > 1,83) tersebut dikatakan Ha diterima dan Ho ditolak dapat dinyatakan bahwa “ Ada pengaruh Pemberian Layanan Bimbingan kelompok terhadap harga diri (self esteem) siswa kelas IX IPS2 Di SMA Negeri 1 Batang Kuis Tahun Ajaran 2012/2013. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bimbingan kelompok mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap harga diri (self esteem) siswa kelas IX IPS2 Di SMA Negeri 1 Batang Kuis Tahun Ajaran 2012/2013

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorNurarjani, 196105041987032004
Call Number: 370.15 Mis p
Keywords: Komponen;Model;Harga Diri
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6257

Actions (login required)

View Item View Item