PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS XII IPS III DI SMA NEGERI 7 MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013

Manalu, Lina Rosianna (2012) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS XII IPS III DI SMA NEGERI 7 MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
10812 039 COVER.pdf - Published Version

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108121039_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108121039_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108121039_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108121039_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108121039_BAB I.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108121039_BAB V.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108121039_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview

Abstract

Pada usia sekolah menengah atas ini, para siswa sedang mencari identitas diri yang seringkali menimbulkan problem-problem emosional. Apabila problem emosi ini berlarut-larut tanpa teratasi dengan baik maka dapat berakibat terganggunya aktivitas siswa sebagai pelajar dan anggota masyarakat. Problem emosi siswa-siswa ini diduga karena mereka tidak memiliki pengetahuan yang memadai tentang perkembangan emosi dan keterampilan mengembangkan emosi. Permasalahan yang berkenaan dengan emosi yang sering terjadi, seperti siswa sering menunjukkan sikap amarah ( beringas, mengamuk, benci, jengkel, kesal hati), kesedihan ( pedih, sedih, muram, suram, melankolis, mengasihi diri, putus asa), rasa takut ( cemas, gugup, khawatir, waswas, perasaan takut sekali, waspada, tidak tenang, ngeri), kenikmatan (bahagia, gembira, riang, puas, riang, senang, terhibur, bangga), dan lain sebagainya. Keadaan seperti diatas tentunya tidak bisa dibiarkan terus berlanjut, karena akan merugikan siswa itu sendiri. Untuk melaksanakan tugas bimbingan tersebut diperlukan guru yang telah memiliki keahlian dan pengalaman khusus dalam bidang layanan bimbingan kelompok. Layanan bimbingan kelompok diberikan kepada siswa agar dapat meningkatkan kecerdasan emosional siswa dalam memahami dan menilai serta mengembangkan kemampuan berkomunikasi dengan teman sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap peningkatan kecerdasan emosional siswa kelas XII IPS III di SMA Negeri 7 Medan Tahun Ajaran 2012/2013. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah 12 orang siswa kelas XII IPS II yang memiliki kecerdasan emosional rendah. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan angket. Data yang didapat dari informan/responden dianalisis dan dipaparkan berdasarkan dari sudut pandang peneliti. Untuk menganalisis data yang terkumpul penulis menggunakan rumus statistik yaitu uji t. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan pemberian layanan bimbingan kelompok terhadap peningkatan kecerdasan emosional siswa kelas XII IPS III di SMA Negeri 7 MedanTahun Ajaran 2012/2013, hal ini didukung dari hasil pengujian diperoleh harga thitung= 1,80 dan harga ttabel= 1,36 jadi thitung=1,80 > ttabel=1,36.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorMenanti, Asih196006031985032002
Call Number: 370.15 Man p
Keywords: Emosi; Perkembangan;Kelompok
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6252

Actions (login required)

View Item View Item