MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN PKN DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING DI SD NEGERI 101767 TEMBUNG T.A 2015/2016

aini, rahmatun (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN PKN DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING DI SD NEGERI 101767 TEMBUNG T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01 NIM 1122111028 COVER.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02 NIM 1122111028 APPROPAL SHEET.pdf - Published Version

Download (554kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03 NIM 1122111028 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04 NIM 1122111028 PREFACE.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05 NIM 1122111028 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06 NIM 1122111028 TABLES.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07 NIM 1122111028 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08 NIM 1122111028 GRAFICS.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09 NIM 1122111028 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10 NIM 1122111028 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 NIM 1122111028 CHAPTER 5.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15 NIM 1122111028 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah penggunaan strategi dalam proses pembelajaran masih bersifat konvensional atau masih terpusat kepada guru siswa yang kurang aktif, siswa menjadi kurang tertarik untuk mengikuti pelajaran sehingga menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Peneliti bertujuan untuk mengetahui bahwa dengan menerapkan strategi active learning tipe action learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi Menghargai dan Menaati Keputusan Bersama, kelas V SD Negeri 101767 Tembung Tahun Ajaran 2015-2016. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dimana yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 101767 Tembung, Kecamatan Percut Seituan, Kabupaten Deli Serdang, T.A 2015-2016 yang berjumlah 24 siswa. Terdiri dari 16 orang laki-laki dan 8 orang perempuan. Objek pada penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada pelajaran PKn melalui strategi pembelajaran Active Learning Tipe Action Learning. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus yakni siklus I dan Siklus II. Data analisis dengan menggunakan persentase, pengamatan dan tes. Setelah dilaksanakan penelitian, diperoleh hasil bahwa dari 24 orang siswa, jumlah siswa yang mencapai ketuntasan pada saat Pre-test hanya terdiri dari 4 orang siswa dengan persentase 17% dan 20 orang siswa belum tuntas dengan persentase 83% nilai rata-rata 48,33. Setelah pelaksanaan siklus I jumlah siswa yang mencapai ketuntasan mulai meningkat menajdi 13 orang siswa dengan persentase 54% dan 11 orang siswa belum tuntas dengan persentase 46% nilai rata-rata secara klasiskal 67,08. Selanjutnya pada siklus II jumlah siswa tuntas semakin meningkat menjadi 22 orang siswa dengan persentase 92% dan 2 orang siswa belum tuntas dengan persentase 8% nilai rata-rata seluruhnya 82,50. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa menggunakan strategi active learning tipe action learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) materi Menghargai dan Menaati Keputusan Bersama, kelas V SD Negeri 101767, Kecamatan Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2015-2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRitonga, Mastiana195409291978032001
Call Number: SK- 2016 PGSD 099
Keywords: active leaning tipe action learning ; PKn ; Menghargai dan Menaati Keputusan Bersama ; hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 20 Jul 2016 02:41
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6198

Actions (login required)

View Item View Item