MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TWO STAY TWO STRAY (TSTS) PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SD NEGERI 101767 TEMBUNG T.A 2015/2016

Azizah, Putri Nur (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TWO STAY TWO STRAY (TSTS) PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SD NEGERI 101767 TEMBUNG T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 1122111016 COVER.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 1122111016 LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 1122111016 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 1122111016 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 1122111016 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 1122111016 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 1122111016 DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 1122111016 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 1122111016 DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM 1122111016 BAB I.pdf - Published Version

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 1122111016 BAB V.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM 1122111016 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview

Abstract

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS). Two Stay Two Stray (TSTS) adalah cara menagajar yang dilakukan oleh guru dengan cara memberi kesempatan kepada kelompok untuk membagikan hasil dan informasi dengan kelompok lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) pada materi menyederhanakan pecahan di kelas IV SD Negeri 101767 Tembung. Rumusan masalah dalam penelitian ini “Apakah dengan menggunakan Model Pembelajran Kooperatif Two Stay Two Stray (TSTS) dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pelajaran Matematika dengan Materi Menyederhanakan Pecahan di Kelas IV SD Negeri 101767 Tembung TA. 2015/2016”.. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah sebanyak 22 siswa yang berasal dari kelas IV SD Negeri 101767 Tembung pada tahun ajaran 2015/2016, untuk memperoleh data dalam penelitian ini penulis melakukan penelitian pengumpulan data dengan cara memberi test. Dari hasil analisis data pada tes awal diperoleh 4 siswa (18,18% ) yang mencapai syarat ketuntasan belajar dan 18 siswa (81,81% ) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dari tes awal diperoleh nilai rata-rata 47,27. Dari hasil analisis data pada siklus I diperoleh 12 siswa (54,54%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dan 10 siswa (45,45%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 64,24. Dari hasil tes pada siklus II diperoleh 20 siswa (90,90%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 78,18. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 101767 Tembung. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi menyederhanakan pecahan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNurniayani, 196111111988032001
Call Number: SK-2016 PGSD 026
Keywords: Hasil Belajar; Matematika;SD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 19 Jul 2016 08:20
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6176

Actions (login required)

View Item View Item