MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD NEGERI 101775 SAMPALI T.A 2015/2016

Asmita, Sri (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD NEGERI 101775 SAMPALI T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1.NIM 1123311075 COVER.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 1123311075 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (742kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 1123311075 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 1123311075 PREPACE.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 1123311075 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 1123311075 TABLES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 1123311075 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 1123311075 DIAGRAM.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 1123311075 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM 1123311075 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 1123311075 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM 1123311075 BIBLIOGRAPY.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview

Abstract

Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah rendanya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Pada Pelajaran IPS Materi Pokok Aktivitas Ekonomi Dan Sumber Daya Alam di Kelas IVA SD Negeri 101775 Sampali. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang trdiri dari dua siklus yaitu Siklus I dan Siklus II. Dalam peneltian ini terdapat dari empat tahapan yaitu : perencanaan, Pelaksanaan. Observasi, refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV A SD Negeri 101775 Sampali yang berjumlah 28 siswa. yang terdiri dari 15 laki- laki dan 13 perempuan. Sedangkan objek penelitan adalah hasil belajar siswa pada materi pokok Aktivitas Ekonomi dan Sumber Daya Alam. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh pada kondidi awal atau sebelum diberi tindakan terdapat 22 siswa (78,57%) yang belum tutas belajar, 6 siswa (21,43%) yang tuntas dengan nilai rata- rata 51,25. Pada siklus I terdapat 13 siswa (46,43%) yang belum tuntas, 15 siswa(53,57%) yang sudah tuntas dengan nilai rata- rata 67, dan pada siklus II terjadi peningkatan yaitu 25 siswa (89,3%) yang tuntas belajar, 3 siswa (10,7%) yang belum tuntas belajar dengan nilai rata- rata 80,35. Maka, kesimpulannya adalah model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) merupakan salah satu model pembelajaran yang membuat siswa menjadi aktif da mampu bekerja sama serta dapat meninkakan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS. Saran bagi guru- guru diharapkan menggunakan model kooperatif Student Team Achievement Divisions (STAD) dengan langkah- langkahnya khususnya pada mata pelajaran IPS materi pokok aktivitas ekonomi dan sumber daya alam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorBukit, Herawaty195408181979032001
Call Number: SK- 2016 PGSD 063
Keywords: Pembelajaran STAD; Pembelajaran IPS; Pembelajaran Kooperatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:39
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6155

Actions (login required)

View Item View Item