PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 101765 BANDAR SETIA T.A 2015/2016

Wahyuni, Dwinta Sri (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 101765 BANDAR SETIA T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 1123311022 COVER.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 1123311022 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 1123311022 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 1123311022 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 1123311022 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 1123311022 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 1123311022 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 1123311022 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 1123311022 BAB I.pdf - Published Version

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 1123311022 BAB V.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 1123311022 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui terjadinya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran Problem Solving di kelas IV SD Negeri 101765 Bandar Setia. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini siswa kelas IV SD Negeri 101765 Bandar Setia Tahun Ajaran 2015/2016 sebanyak 1 kelas yaitu 31 orang siswa yang terdiri dari 15 orang siswa laki-laki dan 16 orang siswa perempuan. Pelaksanaan tindakan dilakukan selama 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Jadi, dalam 2 siklus ada 4 kali pertemuan. Dalam setiap siklus dilakukan 4 tahap yaitu Perencanaan, Tindakan, Observasi dan Refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu hasil tes dan lembar observasi. Dari temuan hasil Pre Test (test awal) yang berjumlah 31 siswa, siswa masih memiliki tingkat ketuntasan di bawah 65 (<65), siswa yang tuntas hasil belajarnya yaitu sebanyak 8 orang siswa dengan persentase 25,80% dan 23 orang siswa yang belum tuntas dengan persentase 74,20%, rata-rata kelas 47,09, sehingga baik secara individu maupun secara klasikal kemampuan awal (Pre Test) siswa masih tergolong belum tuntas. Dari perolehan hasil pretest tersebut, peneliti menindak lanjuti dan melanjutkan ke Post Test siklus I. Pada siklus I terdapat 20 orang siswa yang telah tuntas dengan persentase 64,52% dan 11 orang siswa yang belum tuntas dengan persentase 35,48%, rata-rata kelas 69,51. Maka dapat diketahui bahwa kemampuan siswa dalam memahami materi energi panas dan sifatnya berdasarkan tingkat keberhasilan secara klasikal masih tergolong belum berhasil. Peneliti melanjutkan ke Post Test siklus II, pada siklus II sebanyak 29 orang siswa yang telah tuntas dalam belajar dengan persentase 93,55% dan terdapat 2 orang siswa yang belum tuntas dalam belajar dengan persentase 6,45% dengan nilai rata-rata kelas 80,97. Dari hasil observasi pada pembelajaran guru (Peneliti) menggunakan model pembelajaran Problem Solving di kelas IV pada masing-masing pertemuan siklus I mendapatkan nilai 63,46 dengan kategori kurang baik, maka guru melakukan refleksi dan pada masing-masing pertemuan siklus II hasil observasi pada pembelajaran guru dalam penggunaan model pembelajaran Problem Solving terjadi peningkatan menjadi 88,46 dengan kategori baik. Adapun hasil observasi pada kegiatan siswa dari aspek afektif dan psikomotor pada masing-masing pertemuan Siklus I mendapatkan nilai rata-rata kelas 70,40 dengan kategori cukup baik, kemudian setelah dilakukan refleksi pada masing-masing pertemuan siklus II terjadi peningkatan nilai rata-rata kelas dari aspek afektif dan psikomotor menjadi 80,24 dengan kategori baik. Dari hasil yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi pokok Energi Panas dan Sifatnya di kelas IV SD Negeri 101765 Bandar Setia Tahun Ajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorBetty, Eva196220261987032001
Call Number: SK-2016 PGSD 055
Keywords: hasil Belajar; Model Pembelajaran; IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 19 Jul 2016 02:44
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6147

Actions (login required)

View Item View Item