UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN KEMAMPUAN MENULIS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE PEMBERIAN TUGAS BERBASIS BERMAIN DI PAUD MASYITHA MALIK DELI TUA TAHUN AJARAN 2015 – 2016

Rusmawati, Heni (2016) UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN KEMAMPUAN MENULIS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE PEMBERIAN TUGAS BERBASIS BERMAIN DI PAUD MASYITHA MALIK DELI TUA TAHUN AJARAN 2015 – 2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01 COVER.pdf]
Preview
Text
01 COVER.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 02 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
02 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (570kB) | Preview
[thumbnail of 03 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
03 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 04 PREFACE.pdf]
Preview
Text
04 PREFACE.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 05 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
05 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 06 TABLES.pdf]
Preview
Text
06 TABLES.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 07 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
07 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 08 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
08 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 09 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
09 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 13 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 14 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 16 BIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
16 BIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah : Apakah melalui metode pemberian tugas berbasis bermain dapat meningkatkan minat belajar anak usia 5-6 tahun di PAUD Masyitha Malik Deli Tua Tahun Ajaran 2015-2016 dan Apakah melalui metode pemberian tugas berbasis bermain dapat meningkatkan kemampuan menulis anak usia 5-6 tahun di PAUD Masyitha Malik Deli Tua Tahun Ajaran 2015-2016.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dan setiap siklus 2 kali pertemuan. Objek penelitian ini adalah upaya meningkatkan minat belajar dan kemampuan menulis anak usia 5-6 tahun. Subjek penelitian ini adalah anak kelas B di PAUD Masyitha Malik yang berjumlah 20 orang, terdiri dari 11 orang anak laki-laki dan 9 orang anak perempuan. Tindakan penelitian ini adalah metode pemberian tugas berbasis bermain. Data dikumpulkan menggunakan lembar pengamatan (observasi). Data analisis dengan menggunakan analisis persentase dan deskriptif.
Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa metode pemberian tugas berbasis bermain dapat meningkatkan minat belajar anak usia 5-6 tahun di PAUD Masyitha Malik. Hasil analisis persentase menunjukkan sebanyak 2 anak (10%) tergolong baik, 14 anak (70%) tergolong cukup dan 4 anak (20%) tergolong kurang. Hal ini menunjukkan bahwasannya hasil belum mencapai kriteria keberhasilan, sehingga perlu dilakukan perbaikan tindakan pembelajaran pada siklus II. Dari hasil siklus II dilakukan perbaikan tindakan pembelajaran dengan tahap menggunakan metode pemberian tugas berbasis bermain. Peneliti harus menyiapkan tugas dan media pembelajaran yang diperlukan dalam proses pembelajaran, peneliti (guru kelas) harus membimbing anak dalam setiap kegiatan pembelajaran, selain itu guru juga memberikan motivasi seperti memberikan pujian dan reeward (bintang) kepada anak yang mampu mengerjakan dan menyelesaikan tugasnya, hal ini dilakukan untuk membuat anak tertarik mengikuti semua proses pembelajaran. Setelah tindakan siklus II dilakukan menunjukkan bahwa terdapat 4 anak (20%) tergolong sangat baik, 7 anak (35%) tergolong baik dan 9 anak (45%) tergolong cukup.
Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa metode pemberian tugas berbasis bermain dapat meningkatkan kemampuan menulis anak usia 5-6 tahun di PAUD Masyitha Malik. Hasil analisis persentase menunjukkan sebanyak 2 anak (10%) tergolong baik, 14 anak (70%) tergolong cukup dan 4 anak (20%) tergolong kurang. Hal ini menunjukkan bahwasannya hasil belum mencapai kriteria keberhasilan, sehingga perlu dilakukan perbaikan tindakan pembelajaran pada siklus II. Dari hasil siklus II dilakukan perbaikan tindakan pembelajaran dengan tahap menggunakan metode pemberian tugas berbasis bermain. Peneliti harus menyiapkan tugas dan media pembelajaran yang diperlukan dalam proses pembelajaran, peneliti (guru kelas) harus membimbing anak dalam setiap kegiatan pembelajaran. hal ini dilakukan untuk membuat anak tertarik mengikuti semua proses pembelajaran. Setelah tindakan siklus II dilakukan menunjukkan bahwa terdapat 4 anak (20%) tergolong sangat baik dan 16 anak (80%) tergolong baik.
Dari hasil temuan penelitian tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa metode pemberian tugas berbasis bermain dapat meningkatkan minat belajar dan kemampuan menulis anak usia 5-6 tahun dan dari hasil penelitian ini diharapkan kepada guru agar dapat menerapkan metode pemberian tugas berbasis bermain dalam meningkatkan minat belajar dan kemampuan menulis anak didiknya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 PAUD 001
Keywords: Minat Belajar;Kemampuan Menulis Anak Usia Dini; Metode Pemberian Tugas......
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 15 Jul 2016 02:54
Last Modified: 15 Jul 2016 02:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6102

Actions (login required)

View Item
View Item