UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS MELALUI KEGIATAN BERMAIN PUZZLE DI KELOMPOK B DI TK. TO BE PLUS MEDAN JOHOR TA. 2015/2016.

Nainggolan, Mariana (2016) UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS MELALUI KEGIATAN BERMAIN PUZZLE DI KELOMPOK B DI TK. TO BE PLUS MEDAN JOHOR TA. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01 COVER.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (801kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02 BIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04 PREFACE.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07 TABLES.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15 BIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview

Abstract

Yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah bermain puzzle dapat meningkatkan kreativitas di kelompok B di Tk. To Be Plus Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan kreativitas dapat dilakukan di Tk. To Be Plus Medan TA. 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B yang berjumlah 20 orang, terdiri dari 8 orang anak laki-laki dan 12 orang anak perempuan. Data dikumpulkan dengan menggunakan observasi dan analisis dengan tehnik persentase dan analisis kualitatif. Hasil analisis pada siklus I pertemuan 1 Terdapat 12 anak (60%) tergolong kurang dan 8 anak (40%) tergolong cukup, belum ada anak yang tergolong baik dan sangat baik. Pada siklus I pertemuan 2 sudah lebih sedikit meningkat yaitu ada 2 orang anak (10%) tergolong baik, 14 anak (70%) tergolong cukup dan 4 anak (20%) tergolong kurang. Pada siklus II penelitian ini dilaksanakan dengan memperbaiki kesulitan yang dihadapi anak untuk meningkatkan perkembangan yang signifikan. Pertemuan 1 kemampuan kreativitas anak terdapat 0 (0%) tergolong sangat baik, 3 anak (15%) tergolong baik, 17 anak (85%) tergolong cukup, dan 0 anak (0%) tergolong kurang. Pada pertemuan 2 menunjukkan sebanyak 4 anak (20%) tergolong sangat baik, 7 anak (35%) tergolong baik, 9 anak (45%) tergolong cukup. Dari data ini peningkatan kreativitas seluruh anak pada siklus pertama adalah kurang dan pada siklus kedua tingkat kreativitas seluruh anak menjadi baik sekali. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan puzzle dapat meningkatkan kreativitas anak usia kelompok B di TK. To Be Plus Medan T.A. 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorKamtini, 197012011997022001
Call Number: SK-2016 PAUD 014
Keywords: Kreativitas; Bermain Puzzle
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 15 Jul 2016 02:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6097

Actions (login required)

View Item View Item