PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LSQ UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR ILMU STATIKA BANGUNAN PROGRAM KEAHLIAN TGB SMKN BINAAN PROVINSI SUMATERA UTARA.

Sitorus, Mutmainnah (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LSQ UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR ILMU STATIKA BANGUNAN PROGRAM KEAHLIAN TGB SMKN BINAAN PROVINSI SUMATERA UTARA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 5112111006 COVER.pdf - Published Version

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 5112111006 APPROVALSHEET.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 5112111006 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 5112111006 PREFACE.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 5112111006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 5112111006 TABLE.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 5112111006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 5112111006 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 5112111006 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (504kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 5112111006 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 5112111006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Statika Bangunan Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMKN Binaan Provinsi Sumatera Utara dengan menerapkan Model Pembelajaran Learning Start With A Question. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa 22 orang. Hasil uji coba instrumen pada 07 Januari 2016 terhadap hasil belajar siklus I dari 25 soal terdapat 20 soal valid, uji tingkat kesukaran terdapat 2 soal mudah, dan 18 soal sedang, uji daya pembeda tes didapat 8 soal cukup, 11 soal baik dan 1 soal baik sekali, uji reliabilitas tes didapat 0,87 (sangat tinggi). Pada siklus II dari 25 soal diperoleh 21 soal valid, uji tingkat kesukaran terdapat 1 soal mudah, 19 soal sedang dan 1 soal sukar, uji daya pembeda tes didapat 8 soal cukup dan 13 soal baik, uji reliabilitas tes didapat 0,91 (sangat tinggi). Berdasarkan hasil evaluasi dan kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan dalam penelitian ini ditemukan siklus I nilai rata-rata keaktifan siswa meningkat yaitu 67,23 menjadi 87,88 pada siklus II. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa siklus I meningkat yaitu 69,09 ketercapaian kelas 64% menjadi 87,88 ketercapaian kelas 75% pada siklus II. Hasil penelitian menunjukkan penerapan Model pembelajaran Learning Start With A Question dapat 1) meningkatkan keaktifan siswa dan 2) meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Statika Bangunan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSebayang, Nono196012201989031005
Call Number: SK-2016 BAN 029
Keywords: Learning Start With A Question; Keaktifan ; Hasil Belajar.
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 27 Jun 2016 04:32
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6004

Actions (login required)

View Item View Item