PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PETA PIKIRAN (MIND MAPPING) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KONSTRUKSI BANGUNAN SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN DI SMK NEGERI 1 STABAT TAHUN AJARAN 2015/2016.

Artika, Fia (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PETA PIKIRAN (MIND MAPPING) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KONSTRUKSI BANGUNAN SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN DI SMK NEGERI 1 STABAT TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 5113311006 COVER.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 5113311006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (659kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 5113311006 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 5113311006 PREFACE.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 5113311006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 5113311006 TABLES.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 5113311006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 5113311006 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 5113311006 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 5113311006 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 5113311006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran konstruksi bangunan melalui penerapan model pembelajaran peta pikiran (mind mapping) pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Stabat semester ganjil Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 36 orang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelaSs (PTK). Prosedur tindakan dilaksanakan menjadi dua siklus pembelajaran yang sebelumnya dilaksanakan tahap percobaan yaitu tahap prasiklus. Dimana siklus pertama mempelajari jenis-jenis kayu, sifat dan karateristik kayu serta kuat tarik dan tekan kayu. Dan siklus kedua mempelajari keawetan kayu, jenis kayu hasil olahan dan pemeriksaan jenis-jenis kayu secara visual sebagai bahan bangunan. Hasil uji coba instrument yang dilakukan pada siklus pertama dari 35 soal diperoleh 30 soal yang valid dan dari data yang valid uji tingkat kesukaran didapat 3 soal yang mudah, 21 soal yang sedang dan 6 soal yang sulit. Uji daya beda didapat 5 soal sangat baik, 16 soal yang baik, 9 soal cukup dan 0 soal jelek. Uji reabilitas diperoleh 0,9647 (sangat tinggi). Pada siklus kedua soal berjumlah 32 dengan 26 soal yang valid, dari data yang valid tingkat kesukaran didapat 2 soal mudah, 16 soal sedang dan 8 soal sukar, uji daya beda didapat 0 sangat baik, 21 soal baik, 5 soal cukup dan 0 soal yang jelek. Uji reabilitas diperoleh 0.9355 ( sangat tinggi). Hasil penelitian menunjukan bahwa pada tahap prasiklus 100 % siswa tidak tuntas dengan rata-rata nilai 36 sedangkan aktivitas belajar didapat 50 % diakhir tahap prasiklus, siklus I siswa yang tuntas sebanyak 24 siswa atau 66,67 % sedangkan aktivitas belajar didapat 61 % diakhir siklus I. Oleh karena itu perlu diadakan siklus II, dan hasil evaluasi pada siklus II menunjukan bahwa siswa yang tuntas sebanyak 33 siswa atau 91,67 % sedangkan aktivitas siswa didapat 76% diakhir siklus II. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Peta Pikiran (Mind Mapping) untuk meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Konstruksi Bangunan Pada Siswa Kelas X Di SMK Negeri 1 Stabat Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan Tahun Ajaran 2015/2016 membuktikan peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa. Maka, dari hasil penelitian di atas pengajuan hipotesis yang menyatakan bahwa : 1. Penerapan Model Pembelajaran Peta Pikiran (Mind Mapping) dapat meningkatkan aktivitas siswa pada mata pelajaran Konstruksi Bangunan pada kompetensi dasar menerapkan spesifikasi dan karakteristik kayu untuk konstruksi bangunan dapat diterima. 2. Penerapan Model Pembelajaran Peta Pikiran (Mind Mapping) dapat meningkatkan hasil belajar Konstruksi Bangunan pada kompetensi dasar menerapkan spesifikasi dan karakteristik kayu untuk konstruksi bangunan dapat diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorTambunan, Iskandar195408031983031002
Call Number: SK-2016 BAN 011
Keywords: Mind Mapping; Aktivitas; Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 24 Jun 2016 03:56
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5984

Actions (login required)

View Item View Item