PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMAHAMI DASAR-DASAR ELEKTRONIKA PADA SISWA KELAS XI TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK (TITL) SMK NEGERI 1 PAHAE JULU TAHUN AJARAN 2014 / 2015

Manalu,, Hikmah Zalilah (2016) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMAHAMI DASAR-DASAR ELEKTRONIKA PADA SISWA KELAS XI TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK (TITL) SMK NEGERI 1 PAHAE JULU TAHUN AJARAN 2014 / 2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 5113131021 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 5113131021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (517kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 5113131021 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 5113131021 PREFACE.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 5113131021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 5113131021 TABLES.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 5113131021 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 5113131021 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 5113131021 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (458kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 5113131021 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 5113131021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran memahami dasar – dasar elektronika dengan pokok bahasan komponen elektronika pasif melalui pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TITL SMK Negeri 1 Pahae Julu sebanyak 28 orang. Objek dari penelitian ini adalah penerapan model kooperatif tipe Numbered Head Together. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi dan tes. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Sebelum memberikan tindakan, terlebih dahulu diberikan tes diagnostik untuk mengetahui kemampuan awal dan penentuan kelompok siswa berdasarkan tingkat kemampuan. Data yang diberikan berupa tes hasil belajar yang berbentuk uraian yang diberikan dua kali pada setiap akhir siklus. Pada penelitian ini penggunaan LKS bertujuan sebagai alat bantu pengajaran untuk memudahkan proses belajar mengajar dalam kelompok-kelompok kooperatif. Dari analisis data setelah diberikan tindakan I (siklus I) diperoleh 19 dari 28 orang siswa (67,86 %) mencapai ketuntasan belajar dan 9 dari 28 orang siswa (32,14%) belum mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata kelas 71,96. Pada siklus ini ketuntasan belajar secara klasikal belum tercapai. Dari analisis data setelah diberikan tindakan II (siklus II) diperoleh 24 dari 28 orang siswa (85,71%) mencapai ketuntasan belajar dan 4 dari 28 orang siswa (14,29%) belum mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata kelas 79,46. Pada siklus ini ketuntasan belajar secara klasikal sudah tercapai. Ini berarti terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I hingga siklus II. Dengan demikian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran memahami dasar – dasar elektronika dengan pokok bahasan komponen elektronika pasif di kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) SMK Negeri 1 Pahae Julu. Maka disarankan untuk menerapkan model kooperatif tipe numbered head together sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar memahami dasar – dasar elektronika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRosnelli, 196210201989032002
Call Number: SK-2016 ELK 004
Keywords: Penerapan; Numbered Head Together; Memahami Dasar – Dasar Elektronika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 18 Jun 2016 05:52
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5875

Actions (login required)

View Item View Item