PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR BATIK IKAT CELUP SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 BERASTAGI TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016.

Tarigan,, Winda Bali Ulina (2016) PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR BATIK IKAT CELUP SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 BERASTAGI TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 5113143044 COVER.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 5113143044 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 5113143044 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 5113143044 PREFACE.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 5113143044 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 5113143044 TABLE.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 5113143044 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 5113143044 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 5113143044. GRAFIK.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM. 5113143044 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (606kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 5113143044 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM. 5113143044 BIBILIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruhpendekatansaintifikterhadaphasilbelajarsiswakelas XI padahasilbelajar batik ikatcelup. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 97 siswa kelas XIKriyaTekstil SMK Negeri Berastagi. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 64 siswa yang terdiri dari kelas kontrol sebanyak 32 siswa dan kelas eksperimen sebanyak 32 siswa. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Posttest Control Group Design. Alat pengumpul data yang digunakan berupa tes yang terdiri dari 37 butir soal. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes pilihan berganda yang dijawab benar diberi skor 1 dan salah diberi skor 0, dianalisis dengan uji t pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh terjadi peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen yang menggunakan pendekatansaintifik dengan skor rata-rata 27,09. Sedangkan hasil belajar pada kelas kontrol memperoleh skorrata-rata 28,68.Hasil uji persyaratan analisis menunjukkan bahwa sebaran data hasil belajar yang diajar tanpa menggunakan pendekatansaintifik adalah berdistribusi normal dimana 0,153< 0,157 dan data hasil belajar siswa yang diajar dengan pendekatansaintifik adalah berdistribusi normal dimana 0,145< 0,1570. Kedua varians data adalah homogen karena Fhitung1,16< Ftabel1,835. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar dengan menggunakan pendekatansaintifiklebih baik jika dibandingkan dengan hasil belajar tanpa menggunakanpendekatansaintifik dimana hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai thitung 14,69> ttabel 1,538. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan atas penggunaan pendekatansaintifik dalam meningkatkan hasil belajar batik ikatcelup pada siswa kelas XIKriyaTekstil SMK Negeri 1Berastagi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorErmidawati, 195504021980032066
Call Number: SK-2016 BSN 015
Keywords: Pendekatan Saintifik;Batik; Ikat Celup;
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 13 Jun 2016 04:07
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5733

Actions (login required)

View Item View Item