PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KOMIK TERHADAP HASIL BELAJAR UNSUR-UNSUR DESAIN SISWA KELAS X JURUSAN TATA BUSANA SMK NEGERI 3 PEMATANGSIANTAR.

Pratiwi, Iga (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KOMIK TERHADAP HASIL BELAJAR UNSUR-UNSUR DESAIN SISWA KELAS X JURUSAN TATA BUSANA SMK NEGERI 3 PEMATANGSIANTAR. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1.NIM. 5113143019 COVER. pdf.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.NIM. 5113143019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (416kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.NIM. 5113143019 ABSTRACT. pdf.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.NIM. 5113143019 PREFACE. pdf.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.NIM. 5113143019 TABLE OF CONTENT. pdf.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.NIM. 5113143019 TABLES. pdf.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.NIM. 5113143019 ILLUSTRATION. pdf.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8.NIM. 5113143019 APPENDICES. pdf.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9.NIM. 5113143019 CHAPTER I. pdf.pdf - Published Version

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13.NIM. 5113143019 CHAPTER V. pdf.pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14.NIM. 5113143019 BIBLIOGRAPHY. pdf.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan media komik terhadap hasil belajar siswa kelas X jurusan Tata Busana pada hasil belajar unsur-unsur desain. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 128 siswa kelas X Tata Busana SMK Negeri 3 Pematangsiantar. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 64 siswa yang terdiri dari kelas kontrol sebanyak 32 siswa dan kelas eksperimen sebanyak 32 siswa. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Posttest Only Control Group Design. Alat pengumpul data yang digunakan berupa tes yang terdiri dari 40 butir soal. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes pilihan berganda yang dijawab benar diberi skor 1 dan salah diberi skor 0, dianalisis dengan uji t pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh terjadi peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen yang menggunakan media komik dengan nilai rata-rata 74,84. Sedangkan hasil belajar pada kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata 61,87. Tingkat kecenderungan hasil belajar siswa dengan menggunakan media komik adalah cenderung baik, dimana X ̅hitung > X ̅ideal atau 74,84 > 70. Sementara tingkat kecenderungan hasil belajar siswa dengan tanpa menggunakan media komik cenderung kurang, dimana X ̅hitung < X ̅ideal atau 61,87 < 70. Hasil uji persyaratan analisis menunjukkan bahwa sebaran data hasil belajar yang diajar tanpa menggunakan media komik adalah berdistribusi normal dimana 0,1102 < 0,1570 dan data hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan media komik adalah berdistribusi normal dimana 0,0987 < 0,1570. Kedua varians data adalah homogen karena Fhitung 2,06 < Ftabel 2,07. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar dengan menggunakan media komik lebih baik jika dibandingkan dengan hasil belajar tanpa menggunakan media komik dimana hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai thitung 5,06 > ttabel 1,67. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan atas penggunaan media komik dalam meningkatkan hasil belajar unsur-unsur desain pada siswa kelas X Tata Busana SMK Negeri 3 Pematangsiantar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNapitu, Nurmaya195510011979032001
Call Number: SK-2016 BSN 005
Keywords: Media Komik; Unsur Desain; Media Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 13 Jun 2016 02:32
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5720

Actions (login required)

View Item View Item