PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING (GUIDED DISCOVERY), KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI, KETERAMPILAN PROSES SAINS, DAN SIKAP ILMIAH BIOLOGI SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN DI KELAS XI SMA NEGERI 1 SIBOLGA

Tarigan, Mhd. Rafi’i Ma’arif (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING (GUIDED DISCOVERY), KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI, KETERAMPILAN PROSES SAINS, DAN SIKAP ILMIAH BIOLOGI SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN DI KELAS XI SMA NEGERI 1 SIBOLGA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8146174028 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8146174028 COVER.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8146174028 PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8146174028 PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (410kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8146174028 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8146174028 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8146174028 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8146174028 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8146174028 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8146174028 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8146174028 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8146174028 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8146174028 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8146174028 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8146174028 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8146174028 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8146174028 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8146174028 BAB I.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8146174028 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8146174028 BAB V.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8146174028 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8146174028 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran terhadap: (1) kemampuan berpikir tingkat tinggi; (2) keterampilan proses sains; dan (3) sikap ilmiahsiswa di kelas XI SMA Negeri 1 Sibolga. Metode penelitian menggunakan kuasi eksperimen dengan sampel penelitian sebanyak 3 kelas yang ditentukan secara total sampling. Kelas XI MIA-4 dibelajarkan dengan dengan model pembelajaran penemuan terbimbing (Guided Discovery), kelas XI MIA-5 dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, dan kelas XI MIA-6 (kontrol) dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian menggunakan instrument tes hasil kemampuan berpikir tingkat tinggi, instrument keterampilan proses sains dengan menggunakan tes essay test, dan instrument tes sikap ilmiah siswa dengan menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan Analisis Kovariat (ANAKOVA) pada taraf signifikan α = 0,05 dengan bantuan SPSS 21.0. Hasil penelitian menunjukkan: (1) ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran terhadap hasil kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa (F= 14,792; P= 0,000). Hasil kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa yang dibelajarkan dengan model penemuan terbimbing (Guided Discovery) (90,2 ± 5,1) signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan model kooperatif tipe jigsaw (87,2 ± 4,5), maupun model konvensional (83,9 ± 5,0); (2) ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran terhadap keterampilan proses sains (F= 15,271; P= 0,000). Keterampilan proses sains yang dibelajarkan dengan penemuan terbimbing (Guided Discovery) (89,4 ± 5,2) signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan model kooperatif tipe jigsaw (85,9 ± 5,8), maupun model konvensional (82,9 ± 4,0); (3) ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran terhadap sikap ilmiah siswa (F= 21,096; P= 0,000). Sikap ilmiah siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran terbimbing (Guided Discovery) (82,7 ± 3,2) signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan model kooperatif tipe jigsaw (80,7 ± 2,9); maupun model konvensional (78,0 ± 3,1). Sebagai tindak lanjut dari hasil penelitian ini diharapkan kepada guru untuk dapat menerapkan model pembelajaran penemuan terbimbing (Guided Discovery) pada materi sistem pencernaan makanan dalam upaya meningkatkan hasil kemampuan berpikir tingkat tinggi, keterampilan proses sains, dan sikap ilmiah siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 573.307 12 Tar p
Keywords: Kemampuan berpikir; Sikap ilmiah; Model pembelajaran; Pembelajaran penemuan terbimbing
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 10 Jun 2016 07:51
Last Modified: 10 Jun 2016 07:51
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5700

Actions (login required)

View Item
View Item