PENGARUH STRATEGI PENGORGANISASIAN PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI JURUSAN IPS SMA NEGERI 7 MEDAN

Sidabutar, Boy Sandri S. P. (2015) PENGARUH STRATEGI PENGORGANISASIAN PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI JURUSAN IPS SMA NEGERI 7 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8126122009 Cover.pdf]
Preview
Text
8126122009 Cover.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of 8126122009 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
8126122009 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[thumbnail of 8126122009 Abstrak.pdf]
Preview
Text
8126122009 Abstrak.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[thumbnail of 8126122009 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
8126122009 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of 8126122009 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
8126122009 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (30kB) | Preview
[thumbnail of 8126122009 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
8126122009 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (24kB) | Preview
[thumbnail of 8126122009 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
8126122009 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (22kB) | Preview
[thumbnail of 8126122009 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
8126122009 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 8126122009 Bab I.pdf]
Preview
Text
8126122009 Bab I.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 8126122009 Bab V.pdf]
Preview
Text
8126122009 Bab V.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[thumbnail of 8126122009 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
8126122009 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) hasil belajar Sejarah siswa yang diajar dengan strategi pengorganasasian pembelajaran vertikal lebih tinggi daripada menggunakan strategi pengorganisasian pembelajaran horizontal siswa kelas XI IPS SMA Negeri 7 Medan (2) hasil belajar siswa yang memiliki kemampuan berpikir logis tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki kemampuan berpikir logis rendah (3) interaksi antara startegi pengorganisasian pembelajaran dan kemampuan berpikir logis terhadap hasil belajar Sejarah.
Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI SMA Negeri 7 Medan pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015. Populasi berjumlah 120 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling berjumlah 80 sampel yang terdiri dari 32 sampel kelas XI IPS 2 dibelajarkan dengan menggunakan strategi pengorganisasian pembelajaran vertikal sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 3 yang dibelajarkan dengan menggunakan strategi pengorganisasian pembelajaran horizontal sebagai kelas kontrol. Tes kemampuan berpikir logis dilakukan untuk mengelompokkan siswa yang mempunyai tingkat berpikir logis tinggi dan rendah. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian faktorial 2 x 2, sedangkan teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur dengan taraf signifikan α = 0,05. Syarat Anava adalah data harus berdistribusi normal dengan Liliefors dan data harus memiliki varians populasi homogen dengan uji Bartlett dan uji Fisher.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) hasil belajar Sejarah yang dibelajarkan dengan menggunakan strategi pengorganisasian pembelajaran vertikal lebih baik dari pada hasil belajar Sejarah yang dibelajarkan dengan menggunakkan strategi pengorganisasian pembelajaran horizontal, dengan Fhitung = 14,22 > Ftabel = 3,96; (2) hasil belajar Sejarah yang memiliki keterampilan berpikir logis tinggi lebih baik dari pada hasil belajar Sejarah yang memiliki keterampilan berpikir logis rendah, dengan Fhitung = 192,07 > Ftabel = 3,96; (3) terdapat interaksi antara strategi pengorganisasian pembelajaran dengan keterampilan berpikir logis siswa dalam mempengaruhi hasil belajar siswa, dengan Fhitung = 13,79 > Ftabel = 3,96. Hipotesis ini menunjukkan terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan keterampilan nerpikir logis siswa. Strategi pengorganisasian pembelajaran vertikal lebih tepat daripada strategi pengorganisasian pembelajaran horizontal dalam meningkatkan hasil belajar Sejarah, dan siswa yang memiliki keterampilan berpikir logis tinggi akan memperoleh hasil yang lebih baik dari pada siswa yang memiliki keterampilan berpikir logis rendah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.890 712 Sid p
Keywords: Hasil belajar; Sejarah; Materi pembelajaran; Kemampuan berpikir logis; Elaborasi
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 27 May 2016 08:42
Last Modified: 27 May 2016 08:42
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5510

Actions (login required)

View Item
View Item