Pengembangan Komik Pembelajaran Digital Berbasis Mobile Learning Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas VIII SMP Muhammadiyah 16 Lubuk Pakam

Ulfah, Rafiqa (2022) Pengembangan Komik Pembelajaran Digital Berbasis Mobile Learning Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas VIII SMP Muhammadiyah 16 Lubuk Pakam. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8. 8186122015 ENCLOSURE.pdf]
Preview
Text
8. 8186122015 ENCLOSURE.pdf - Published Version

Download (395kB) | Preview
[thumbnail of 2. 8186122015 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. 8186122015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (475kB) | Preview
[thumbnail of 1. 8186122015 COVER.pdf]
Preview
Text
1. 8186122015 COVER.pdf - Published Version

Download (335kB) | Preview
[thumbnail of 3. 8186122015 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. 8186122015 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (425kB) | Preview
[thumbnail of 4. 8186122015 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. 8186122015 PREFACE.pdf - Published Version

Download (489kB) | Preview
[thumbnail of 9. 8186122015 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. 8186122015 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (794kB) | Preview
[thumbnail of 5. 8186122015 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. 8186122015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (476kB) | Preview
[thumbnail of 6. 8186122015 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. 8186122015 TABLES.pdf - Published Version

Download (397kB) | Preview
[thumbnail of 7. 8186122015 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. 8186122015 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (396kB) | Preview
[thumbnail of 13. 8186122015 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. 8186122015 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (450kB) | Preview
[thumbnail of 14. 8186122015 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. 8186122015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (600kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kelayakan komik pembelajaran
digital berbasis mobile learning yang digunakan untuk pembelajaran Bahasa
Inggris kelas VIII (2) untuk mengetahui keefektifan komik pembelajaran berbasis
mobile learning pada pembelajaran Bahasa Inggris kelas VIII. Jenis penelitian ini
adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan
produk ADDIE. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII SMP
Muhammadiyah 16 Lubuk Pakam. Sampel penelitian sebanyak 30 orang siswa.
Kelayakan komik pembelajaran digital berbasis mobile learning diukur dengan
analisis data berdasarkan angket validasi oleh ahli media, ahli desain, ahli materi,
dan uji coba lapangan. Sedangkan keefektifitasan komik pembelajaran digital
berbassis mobile learning diukur dengan analisis data menggunakan n-gain score
berdasarkan tes hasil belajar (pretest dan posttest). Hasil validasi komik
pembelajaran digital berbasis mobile learning oleh ahli media diperoleh sebesar
80,56% dengan kategori layak, oleh ahli desain diperoleh sebesar 92,22% dengan
kategori sangat layak, dan oleh ahli materi diperoleh sebesar 93,61% dengan
kategori sangat layak. Hasil uji coba lapangan pada siswa sebesar 93,13% dengan
kategori sangat layak. Hasil pretest dan posttest tes hasil belajar pada uji coba
lapangan memperoleh nilai n-gain rata-rata sebesar 0,70 pada kategori tinggi
dengan persentase sebesar 70% pada kategori cukup efektif. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa komik pembelajaran digital berbasis mobile learning sangat
layak dan cukup efektif digunakan dalam pembelajaran bahasa Inggris kelas VIII
SMP Muhammadiyah 16 Lubuk Pakam.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.904 4 Ulf p
Keywords: hasil belajar bahasa Inggris, komik pembelajaran digital, mobile learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Linguistik Terapan Bahasa Inggris
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 19 Mar 2024 05:09
Last Modified: 19 Mar 2024 05:09
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55009

Actions (login required)

View Item
View Item