HUBUNGAN VARIASI GAYA MENGAJAR GURU DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMK PAB 2 HELVETIA T.P. 2015/2016

Sekali, Boni Panta K (2015) HUBUNGAN VARIASI GAYA MENGAJAR GURU DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMK PAB 2 HELVETIA T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 709141021 COVER.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 709141021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (887kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 709141021 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 709141021 PREFACE.pdf - Published Version

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 709141021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 709141021 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 709141021 TABLES.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 709141021 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 709141021 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (838kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 709141021 CHAPTER 5.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 709141021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (528kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan variasi gaya mengajar guru dan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa kelas X AP SMK PAB 2 Helvetia T.P 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di SMK PAB 2 Helvetia Jln. Veteran Psr. IV Helvetia Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Waktu penelitian yaitu pada semester ganjil T.P 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK PAB 2 Helvetia Medan yang berjumlah 121 orang dan sampel sebanyak 42 orang yang diambil secara acak terdiri dari tiga kelas yaitu kelas X AP1, kelas X AP2 dan kelas X AP3. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil analisis yang diperoleh untuk variasi gaya mengajar guru (X1) dengan hasil belajar (Y) diperoleh nilai thitung = 5,151 ; ttabel = 2,021, artinya thitung lebih besar dari ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara variasi gaya mengajar guru dengan hasil belajar siswa. Hasil analisis yang diperoleh untuk motivasi belajar (X2) dengan hasil belajar (Y) diperoleh nilai thitung = 4,666 ; ttabel = 2,021, artinya thitung lebih besar dari ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa. Dalam perhitungan regresi linear berganda diperoleh nilai konstanta 44,400, koefisien regresi variasi gaya mengajar guru (X1) sebesar 0,270 dan koefisien regresi motivasi belajar (X2) sebesar 0,294. Untuk menguji hipotesis variasi gaya mengajar guru dan motivasi belajar secara simultan menggunakan uji f dengan taraf signifikasi 95% diperoleh nilai Fhitung = 20,665 ; Ftabel = 3,24, artinya Fhitung lebih besar dari Ftabel. Hal ini menunjukkan ada hubungan yang positif dan signifikan secara simultan antara variasi gaya mengajar guru dan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa. Untuk hasil perhitungan uji determinasi (R2) diperoleh nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 51,50%, menunjukkan bahwa variasi gaya mengajar guru dan motivasi belajar secara bersama-sama memberikan hubungan dengan hasil belajar siswa sebesar 51,50% dan sisanya berhubungan dengan faktor lain. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan variasi gaya mengajar guru dan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa kelas X AP SMK PAB 2 Helvetia T.P 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSinaga, Mangarap195208151980111001
Call Number: SK-2016 ADP 008
Keywords: Variasi Gaya Mengajar Guru; Motivasi Belajar; Hasil Belajar Siswa.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 27 May 2016 02:23
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5485

Actions (login required)

View Item View Item