HUBUNGAN KETERAMPILAN MENGAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA SMK NEGERI 1 TEBING TINGGI T.P 2014/2015

Batubara, Santa Esmarelda (2016) HUBUNGAN KETERAMPILAN MENGAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA SMK NEGERI 1 TEBING TINGGI T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 709141206_COVER.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 709141206_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 709141206_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 709141206_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 709141206_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 709141206_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 709141206_BAB I.pdf - Published Version

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. NIM. 709141206_BAB V.pdf - Published Version

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 709141206_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah keterampilan mengajar memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan prestasi belajar pada siswa SMK Negeri 1 Tebing Tinggi T.P 2014/2015?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan yang positif dan signifikan antara keterampilan mengajar dengan prestasi belajar pada siswa SMK Negeri 1 Tebing Tinggi T.P 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Tebing Tinggi T.P 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK NEGERI 1 tebing tinggi T.P 2014/2015 yang terdiri dari dua kelas yaitu AP 1 dan AP 2 yang berjumlah 68 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan total sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hubungan keterampilan guru mengajar berupa angket dan untuk mengukur prestasi belajar siswa diperoleh dari DKN. Validitas diuji dengan menggunakan korelasi product moment, besarnya hubungan antara variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y) digunakan rumus regresi linear sederhana. Untuk menguji hipotesis menggunakan uji t. Dari hasil penghitungan menggunakan uji korelasi product moment di dapat r_hitung = 0,373 sedangkan r_tabel = 0,361, hal ini berarti r_hitung> r_tabel. Dengan demikian angket tentang keterampilan mengajar dianggap reliable. Untuk menguji besar hubungan variabel X dengan variabel Y digunakan rumus regresi linier sederhana dengan menggunakan koefisie regresi konstanta a dan b sehingga Y= 74,99 = 0,02 X. Sedangkan untuk menguji signifikansi dihitung dengan uji t dengan besar t_hitung 2,187 sedangkan t_tabel sebesar 1,668 pada taraf signifikan 95% dan alpha 5% dengan dk= n-2 sehingga t_hitung > t_tabel (2,187 > 1,668). Sehingga hipotesis yang menyatakan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara keterampilan mengajar dengan prestasi belajar pada siswa SMK Negeri 1 Tebing Tinggi T.P 2014/2015 dapat diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSinaga, Mangarap195208151980111001
Call Number: SK-2016 ADP 001
Keywords: Keterampilan Mengajar; Prestasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 26 May 2016 09:52
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5477

Actions (login required)

View Item View Item