PENGARUH VIDEO PEMBELAJARAN TUTORIAL TERHADAP KEMAMPUAN MENGGAMBAR BENTUK PADA SISWA KELAS X SMK GAJAH MADA MEDAN

Sitanggang, Johan Kristian (2022) PENGARUH VIDEO PEMBELAJARAN TUTORIAL TERHADAP KEMAMPUAN MENGGAMBAR BENTUK PADA SISWA KELAS X SMK GAJAH MADA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 2182151014 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 2182151014 COVER.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 2182151014 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 2182151014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (677kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 2182151014 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 2182151014 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (434kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 2182151014 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 2182151014 PREFACE.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 2182151014 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 2182151014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 2182151014 LIST OF TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM 2182151014 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 2182151014 LIST OF FIGURE.pdf]
Preview
Text
7. NIM 2182151014 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 2182151014 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 2182151014 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 2182151014 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 2182151014 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (436kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 2182151014 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 2182151014 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (460kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 2182151014 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 2182151014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (277kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dari video tutorial terhadap hasil
karya siswa dalam meggambar bentuk di SMK Gajah Mada Medan. Penelitian ini
menggunakan metode kuasi eksperimen atau eksperimen semu. Populasi dari
penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Gajah Mada Medan. Teknik
pengambilan sampel dengan cara teknik total sampling, yang berarti
menggunakan seluruhnya jumlah populasi yang berjumlah 36 orang. Data dalam
penelitian ini berbentuk dua macam tes yaitu yang pertama tes menggambar
bentuk tanpa menggunakan video tutorial. Kemudian dilakukan tes kedua yaitu
menggambar bentuk dengan melihat video tutorial. Metode yang digunakan dalam
pengumpulan data nya menggunakan metode tes dan penilaian. Penelitian ini
termasuk dalam jenis penilitian kuantitatif. Berdasarkan dari hasil penelitian
diperoleh rata-rata dari nilai tes pertama adalah 73,10 dan rata-rata pada nilai tes
kedua adalah 82,61. Dari hasil tersebut dapat kita lihat bahwa nilai rata-rata pada
tes kedua lebih baik dari pada nilai rata-rata tes pertama. Berdasarkan dari uji
hipotesis dengan signifikasi α = 0,05 dengan dk 70 didapatkan = 1,994. Jadi
kesimpulan uji hipotesis diperoleh > . Jadi Ha
diterima dan Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian
terdapat perbedaan hasil belajar siswa dalam kompetensi menggambar bentuk
menggunakan video tutorial dibanding dengan yang tidak menggunakan video
tutorial pada siswa kelas X di SMK Gajah Mada Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Menggambar, Video, SMK.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 20 Feb 2024 02:40
Last Modified: 20 Feb 2024 02:40
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54432

Actions (login required)

View Item
View Item