Pengembangan E-Book Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Pokok Usaha & Energi Kelas X Semester Genap di SMA N 3 Binjai T. A. 2021/2022

RAMADANA, AHMAD (2022) Pengembangan E-Book Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Pokok Usaha & Energi Kelas X Semester Genap di SMA N 3 Binjai T. A. 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 4183321017 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4183321017 COVER.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4183321017 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4183321017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (914kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4183321017 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4183321017 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4183321017 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4183321017 PREFACE.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4183321017 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4183321017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4183321017 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4183321017 TABLES.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4183321017 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4183321017 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4183321017 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4183321017 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4183321017 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4183321017 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (346kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4183321017 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4183321017 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4183321017 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4183321017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran e-book fisika berbasis problem based learning (PBL) menggunakan flip pdf profesional pada materi Usaha & Energi dan untuk menguji kelayakan media e-book yang dikembangkan
melalui validasi para Ahli serta mengetahui kemenarikan respon guru dan peserta didik. Langkah-langkah penelitian dan pengembangan berpedoman pada model siklus 4-D Thiagaraja (Define, Design, Develop, Disseminate). Tahap develop melibatkan dua validator untuk menilai kelayakan materi dan media. Tahap Disseminate melibatkan 31 peserta didik (di SMA N 3, Binjai). Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket dengan analisis data deskriptif Kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) Variabel uji kelayakan e-book sebagai media pembelajaran oleh ahli media, skor rata-rata keseluruhan sebesar 100% dan oleh ahli materi, skor rata-rata keseluruhan sebesar 98% yang tergolong pada kategori tinggi, artinya e-book yang dikembangkan dengan flip pdf profesional sudah sangat layak untuk digunakan. (2) Variabel keefektifan memiliki skor rata-rata keseluruhan sebesar 90,93% yang tergolong pada kategori sangat efektif, artinya e-book tersebut cukup efektif untuk membantu siswa dalam meningkatkan nilai pembelajaran fisika materi Usaha & Energi. (3) Hasil respon guru fisika di SMA N 3 BINJAI terhadap e-book dengan skor
rata-rata keseluruhan 88,2% dengan kriteria Layak dan Uji coba produk kepada peserta didik untuk memberi respon terhadap e-book dengan skor rata-rata keseluruhan 86% dengan kriteria Layak, dapat disimpulkan bahwa e-book tersebut
mendapatkan respon yang bagus dari guru dan peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Digital Book, flip pdf profesional, Usaha & Energi.
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 07 Feb 2024 04:38
Last Modified: 07 Feb 2024 04:38
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54318

Actions (login required)

View Item
View Item