HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS XI IPA SMA

Damanik, Sepany Ade Rowista and Simanjuntak, Susi Juliana (2020) HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS XI IPA SMA. In: Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya 2019, 4 Oct 2019, Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Hubungan antara Jenjang Pendidikan Orang Tua dengan Prestasi Belajar Biologi pada Siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Silou Kahean Tahun Pelajaran 2013/2014 ; (2) Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Biologi pada Siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Silou Kahean Tahun Pelajaran 2013/2014 ; (3) Hubungan antara Jenjang Pendidikan Orang Tua dan Motivasi Belajar secara bersama dengan Prestasi Belajar Biologi pada Siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Silou Kahean Tahun Pelajaran 2013/2014.Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif korelasional. Populasi penelitian ialah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Silou Kahean Tahun Pelajaran 2013/2014, sejumlah 66 siswa. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling sebesar 50% dari angka populasi sejumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik angket. Teknik analisis data yang digunakan dengan menggunakan analisis statistik dengan teknik regresi ganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) hipotesis 1 “Ada hubungan positif yang signifikan antara Jenjang Pendidikan Orang Tua dengan Prestasi Belajar Biologi pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Silou Kahean Tahun Ajaran 2013/2014” diterima karena r = 0,084 dan p = 0,320 (p > 0,05). (2) hipotesis 2 “Ada hubungan positif yang signifikan antara Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Biologi pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Silou Kahean Tahun Pelajaran 2013/2014” di terima karena r = 0,379 dan p = 0,015 (p >0,05). (3) hipotesis 3 “Ada hubungan positif yang signifikan antara Jenjang Pendidikan Orang Tua dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Biologi pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Silou Kahean Tahun Pelajaran 2013/2014” di terima karena R = 0,384 dan p = 0,084 (p > 0,05).

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Tingkat pendidikan orang tua; Motivasi belajar; Prestasi belajar biologi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 09 Jan 2024 04:01
Last Modified: 09 Jan 2024 04:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53717

Actions (login required)

View Item
View Item