EFEKTIVITAS PENERAPAN BUKU AJAR KULTUR JARINGAN BERBASIS RISET TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS

Pinem, Mitra Dhani and Harahap, Fauziyah and Diningrat, Diky Setya (2020) EFEKTIVITAS PENERAPAN BUKU AJAR KULTUR JARINGAN BERBASIS RISET TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS. In: Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya 2019, 4 Oct 2019, Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas buku ajar kultur jaringan berbasis riset bersadarkan kemampuan berpikir kritis. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan menggunakan pretest-posttest control group design. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa semester VIII Jurusan Biologi Universitas Negeri Medan angkatan 2015 yang mengambil mata kuliah kultur jaringan yang berjumlah delapan kelas, kemudian ditentukan dua kelas sebagai sampel penelitian menggunakan teknik cluster random sampling dengan jumlah 73 orang. Kelas A sebagai kelas perlakuan diajar menggunakan buku ajar kultur jaringan berbasis riset dan kelas C sebagai kelas kontrol diajar menggunakan buku kultur jaringan yang biasa digunakan oleh mahasiswa (konvensional). Nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis mahasiswa sebelum dilakukan perlakuan adalah 39,67 ± 11,09 (kelas perlakuan) dan 37,11 ± 13,91 (kelas kontrol). Setelah dilakukan eksperimen diperoleh nilai rata-rata 59,57 ± 12,50 (kelas perlakuan) dan 48,53 ± 11,75 (kelas kontrol). Uji hipotesis menggunakan Mann-Whitney Test karena data tidak terdistribudi normal, berdasarkan perhitungan diperoleh bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis mahasiswa yang diajar menggunakan buku berbasis riset dengan mahasiswa yang diajar menggunakan buku konvensional (sig=0,001). Dari hasil riset dapat disimpulkan bahwa buku ajar berbasis riset efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Berpikir kritis; Kultur jaringan; Buku ajar; Keterampilan proses sains
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3045 Textbooks
Q Science > QK Botany > QK710 Plant physiology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 09 Jan 2024 02:11
Last Modified: 09 Jan 2024 02:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53710

Actions (login required)

View Item
View Item