KEMAMPUAN SISWA MENGANALISIS NILAI-NILAI KEHIDUPAN DALAM KUMPULAN CERPEN KASUR TANAH (CERPEN PILIHAN KOMPAS 2017) SERTA RELEVANSINYA SEBAGAI MATERI PEMBELAJARAN SASTRADI SMA SWASTA SANTA MARIA KABANJAHE TAHUN AJARAN 2021/2022

Br Tarigan, Sepiyani (2022) KEMAMPUAN SISWA MENGANALISIS NILAI-NILAI KEHIDUPAN DALAM KUMPULAN CERPEN KASUR TANAH (CERPEN PILIHAN KOMPAS 2017) SERTA RELEVANSINYA SEBAGAI MATERI PEMBELAJARAN SASTRADI SMA SWASTA SANTA MARIA KABANJAHE TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 2173311065 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 2173311065 COVER.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 2173311065 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 2173311065 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (508kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 2173311065 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 2173311065 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 2173311065 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 2173311065 PREFACE.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 2173311065 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 2173311065 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 2173311065 LIST OF TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM 2173311065 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 2173311065 LIST OF FIGURE.pdf]
Preview
Text
7. NIM 2173311065 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 2173311065 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 2173311065 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 2173311065 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 2173311065 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (330kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 2173311065 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 2173311065 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 2173311065 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 2173311065 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (395kB) | Preview

Abstract

Kemampuan siswa dalam menganalisis nilai-nilai kehidupan dalam cerpen sudah bisa dikatakan termasuk kegolongan sudah mampu. Hal ini terjadi karena rata-rata yang diperoleh oleh siswa disetiap pengerjaan soal hasil yang diperoleh sudah diatas rata-rata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan siswa dalam menganalisis nilai-nilai kehidupan dalam kumpulan cerpen kasur tanah (cerpen pilihan kompas 2017) dan mengetahui juga bagaimana keaktifan siswa untuk mendemonstrasikan nilai-nilai kehidupan dalam cerpen serta untuk mengetahui relevansinya terhadap pembelajaran sastra di sekolah SMA Swasta Santa Maria Kabanjahe pada ajaran tahun 2021/2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Instrument penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan meggunakan tes tertulis yaitu dengan soal pilihan ganda dan soal latihan serta menyebarkan angket yang berisikan tentang nilai-nilai kehidupan dalam cerpen. Ketuntasan siswa kelas XI SMA Swasta Santa Maria Kabanjahe dalam menganalisis nilai-nilai kehidupan dalam kumpulan cerpen kasur tanah (cerpen pilihan kompas 2017) menunjukkan bahwa siswa kelas XI sudah mampu dalam menganalisis nilai-nilai kehidupan dalam cerpen dibidang tes tertulis yaitu soal pilihan ganda dengan rata-rata 64,6 % dengan keterangan C (cukup baik), dan lanjut ketahap pengerjaan tes tertulis yang kedua persentase siswa meningkat dengan rata-rata 79,28% dengan keterangan B (baik) dan terakhir pembagian angket persentase siswa lebih meningkat dari sebelumnya dengan rata-rata 83,79% dengan keterangan B (baik). Dengan demikian kemampuan siswa dalam menganalisis nilai-nilai kehidupan dalam kumpulan cerpen kasur tanah (cerpen pilihan kompas 2017) sudah mampu karena rata-rata yang diperoleh disetiap pengerjaan oleh siswa tidak ada yang mendapatkan hasil dibawah rata-rata

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pembelajaran Bahasa Indonesia, Cerpen, Nilai-Nilai Kehidupan Dalam Cerpen
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 09 Jan 2024 01:28
Last Modified: 22 Jan 2024 06:47
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53707

Actions (login required)

View Item
View Item