PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI PERUBAHAN DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP

Nasution, Ermila Hafni (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI PERUBAHAN DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP. In: Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya 2019, 4 Oct 2019, Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran TTW terhadap penguasaan konsep siswa pada materi perubahan dan pelestarian lingkungan di kelas X IPA SMAS Al-Washliyah 1 Medan.Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan populasi seluruh kelas X IPA SMAS Al-Washliyah 1 Medan yang terdiri dari 2 kelas.Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan sampel total. Instrument yang digunakan adalah tes berupa tes obyektif yang berjumlah 30 butir pertanyaan yang telah diuji validitas, reliabilitas, daya beda dan tingkat kesukarannya. Data dianalisis dengan uji T. berdasarkan data yang diperoleh, diketahui bahwa data berdistribusi normal dan kedua kelas memiliki kesamaan varian (homogen). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata postes siswa yang diajarkan dengan model TTW sebesar 76 dan nilai rata-rata siswa yang diajarkan dengan metode ceramah sebesar 69,56. Terdapat perbedaan signifikan pada penguasaan konsep siswa, hal ini dibuktikan dengan uji T pada taraf signifikan α=0.05 dan dk=58 diperoleh thitung>ttabel (3.35>1.689) oleh karena itu H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran TTW terhadap penguasaan konsep siswa pada materi perubahan dan pelestarian lingkungan hidup .

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Think talk write; Penguasaan konsep; Lingkungan hidup
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 05 Jan 2024 03:31
Last Modified: 05 Jan 2024 03:53
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53686

Actions (login required)

View Item
View Item