PENGEMBANGAN BAHAN PEMBELAJARAN BIOLOGI SMP/MTS BERORIENTASI INKUIRI DILENGKAPI MIND MAP

Amrullah M. and Harahap, Fauziyah and Edi, Syahmi (2020) PENGEMBANGAN BAHAN PEMBELAJARAN BIOLOGI SMP/MTS BERORIENTASI INKUIRI DILENGKAPI MIND MAP. In: Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya 2019, 4 Oct 2019, Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

SMP/MTs berorientasi inkuiri dilengkapi mind map agar dapat menjadi pendukung dalam pembelajaran, (2) mengetahui tanggapan guru dan siswa terhadap bahan ajar yang dikembangkan , (3) mengetahui hasil validasi ahli materi dan ahli desain bahan ajar biologi yang telah dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model prosedural melalui model 4-D (four-D models), yang dimodifikasi sesuai kebutuhan. Model ini terdiri dari empat tahap, yaitu: pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (desseminate). uji validitas (didaktik, konstruksi, teknis) dan praktikalitas bahan ajar menggunakan skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Validasi bahan ajar sangat valid dengan rata-rata nilai sebesar 3,54, (2) hasil validasi aspek didaktik 3,5 dengan kategori sangat valid., (3) hasil validasi aspek konstruksi bahan ajar diperoleh nilai rata-rata 3,6 dengan kategori sangat valid., (4) hasil validasi aspek teknis 3,5 dengan kategori sangat valid., (5) Praktikalitas bahan pembelajaran menurut guru dengan rata-rata tingkat kepraktisannya 3,23 yaitu berada pada kategori praktis., (6) Hasil uji praktikalitas bahan pembelajaran menurut siswa menunjukkan bahwa bahan pembelajaran dinyatakan sangat praktis dengan rata-rata tingkat kepraktisannya 3,54, sehingga dapat disimpulkan bahan pembelajaran biologi SMP/MTs berbasis inkuiri dilengkapi mind map layak digunakan dan dikembangkan sebagai penunjang pembelajaran biologi di sekolah.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Bahan pembelajaran; Mind map; Pembelajaran biologi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 05 Jan 2024 03:01
Last Modified: 05 Jan 2024 03:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53674

Actions (login required)

View Item
View Item