PROFIL HISTOPATOLOGI JARINGAN PAYUDARA PADA PASIEN FAM DAN SUSPEK KANKER DI LABORATORIUM PATOLOGIAN ATOMI RSUD Dr. PIRNGADI MEDAN

Harahap, Eka Mayasari and Nugrahalia, Meida (2020) PROFIL HISTOPATOLOGI JARINGAN PAYUDARA PADA PASIEN FAM DAN SUSPEK KANKER DI LABORATORIUM PATOLOGIAN ATOMI RSUD Dr. PIRNGADI MEDAN. In: Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya 2019, 4 Oct 2019, Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis gambaran deskriptif histopatologi di Laboratorium Patologi Anatomi RSUD Dr. Pirngadi Medan. Populasi penelitian ini sebanyak 3 jenis kasus FAM dan 12 jenis kasus Kanker yang didiagnosis dan telah teregistrasi di bagian Rekam Medis Instalasi Patologi Anatomi RSUD Dr. Pirngadi Medan pada bulan Januari sampai dengan April 2019. Sampel penelitian adalah semua sediaan organ mammae yang tersusfensi FAM dan suspek kanker payudara, pengambilan sampel dilakukan dengan tekhnik total sampling. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif murni tanpa memberikan perlakuan tertentu. Hasil penelitian menunjukkan jenis FAM dan suspek kanker berdasarkan gambran deskriptif histopatologi di Laboratorium Patologi Anatomi RSUD Dr. Pirngadi Medan adalah FAM dengan tipe Pericanalicular dan Intracanalicular, dan jenis kanker payudara menunjukkan jenis Invasive Ductal Carcinoma, Ductus Carcinoma in Situ, Invasive Lobular Carcinoma, Musinous Adenoma Mammae, Benign Phyllodes Tumor Mammae, dan Malignant Phyllodes Tumor Mammae.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Histopatologi; Fibroadenoma mammae; Kanker payudara
Subjects: R Medicine > RB Pathology > RB24 Pathological anatomy and histology
R Medicine > RB Pathology > RB37 Clinical pathology. Laboratory technique
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 03 Jan 2024 04:08
Last Modified: 03 Jan 2024 04:08
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53666

Actions (login required)

View Item
View Item