PENGEMBANGAN TES OBJEKTIF PENGETAHUAN KONSEPTUAL FISIKA PADA MATERI OPTIK GEOMETRI SMA

Mora, Feny (2022) PENGEMBANGAN TES OBJEKTIF PENGETAHUAN KONSEPTUAL FISIKA PADA MATERI OPTIK GEOMETRI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4173321018 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4173321018 COVER.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4173321018 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4173321018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4173321018 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4173321018 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4173321018 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4173321018 PREFACE.pdf - Published Version

Download (299kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4173321018 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4173321018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4173321018 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4173321018 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (255kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4173321018 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4173321018 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4173321018 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4173321018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (340kB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan tes objektif ini bertujuan untuk mengembangkan tes objektif pengetahuan konseptual fisika pada materi Optik Geometri di SMA yang memenuhi tes yang baik standar kualifikasi, meliputi aspek validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda dan efektivitas pengecoh. Jenis penelitian ini adalah pengembangan penelitian atau Research and Development (R&D), dengan ADDIE model. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan dengan subjek seluruh siswa kelas XII MIA SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan. Adapun instrumen tes yang digunakan didalam penelitian pengembangan adalah tes pilihan berganda yang berjumlah 50 butir soal yang mengukur pengetahuan konseptual. Hasil penelitian pengembangan tes pengetahuan konseptual ini menunjukkan hasil bahwa validitas isi dengan ahli instrumen tes objektif pengetahuan konseptual fisika Materi Optik Geometri di SMA sangat bagus. Hasil validitas uji lapangan luas diperoleh 36 butir soal valid dan 2 soal tidak valid. Hasil reliabilitas 0,851. Hasil tingkat kesukaran 38 soal dengan kategori sedang. Hasil daya Pembeda 28 item (73%) adalah diterima, 3 item (8%) direvisi, 7 item (19%) adalah diterima dan direvisi. Berdasarkan hasil efektivitas pengecoh pada 65 siswa, terdapat 1 pengecoh yang tidak efisien. Tes pengetahuan konseptual fisika ini dapat dipergunakan sebagai tes standar untuk mengukur pengetahuan konseptual siswa tentang Optik Geometri di SMA.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2023 FIS 012
Keywords: Penilaian; Optik geometri; Tes objektif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations
Q Science > QC Physics
Q Science > QC Physics > QC350 Optics. Light
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 11 Dec 2023 06:21
Last Modified: 11 Dec 2023 06:21
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53635

Actions (login required)

View Item
View Item