PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS VIDEO BERBANTU APLIKASI SPARKOLLVIDEOSCRIBE PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII SMP N 5 BILAH BARAT

Sirait, Sarah (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS VIDEO BERBANTU APLIKASI SPARKOLLVIDEOSCRIBE PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII SMP N 5 BILAH BARAT. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4183311019 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4183311019 COVER.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4183311019 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4183311019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4183311019 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4183311019 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (21kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4183311019 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4183311019 PREFACE.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4183311019 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4183311019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4183311019 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4183311019 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4183311019 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4183311019 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4183311019 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4183311019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk kevalidan dari bahan ajar berbasis video yang dikembangkan, uji kelayakan pada bahan ajar berbasis video dengan materi bangun ruang sisi datar kubus dan balok dilakukan oleh tiga ahli materi dan tiga ahli media, menggunakan pretest dan posttest untuk mengetahui efektifitas bahan ajar berbasis
video ini, dan respon peserta didik. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 5 Bilah Barat yang berjumlah 31 orang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) menggunakan model ADDIE. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari lembar validasi ahli materi dan ahli media, soal pretest dan posttest, dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian memperoleh data validasi dari ahli materi 81,66% (Sangat Layak), ahli media 86,11% (Sangat Layak), peningkatan hasil pretest-posttest sebesar 0,51% dengan kategori sedang dan hasil respon peserta didik 88,06% ( Sangat Setuju). Berdasarkan hasil validasi bahan ajar berbasis video berbantu sparkoo videoscribe pada pembelajaran matematika ini sangat layak digunakan sebagai bahan ajar pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2023 MAT 042
Keywords: Bahan ajar; Video pembelajaran; Sparkoll videoscribe; Bangun ruang sisi datar; Kubus; Balok
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 28 Nov 2023 08:41
Last Modified: 28 Nov 2023 08:41
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53592

Actions (login required)

View Item
View Item