PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES BERBASIS KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI FLUIDA DINAMIS DI SMA/MA

Sanjaya, Aditya Putra (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES BERBASIS KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI FLUIDA DINAMIS DI SMA/MA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4182121001 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4182121001 COVER.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4182121001 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4182121001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4182121001 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4182121001 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4182121001 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4182121001 PREFACE.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4182121001 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4182121001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4182121001 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4182121001 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4182121001 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4182121001 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4182121001  BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4182121001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview

Abstract

Keterampilan pemecahan masalah merupakan bagian mendasar dari pembelajaran fisika yang harus dimiliki oleh peserta didik dalam menghadapi tantangan dan persoalan yang melibatkan pemikiran kritis, logis, sistematis dan mampu mengambil keputusan yang tepat. Kenyataannya keterampilan ini belum dikembangkan secara optimal pada peserta didik. Berdasarkan itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan instrumen tes berbasis keterampilan pemecahan masalah berdasarkan tahapan Heller pada materi fluida dinamis yang memenuhi kriteria kelayakan instrumen yang baik. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development / R&D) dengan model 4D yang terdiri dari 4 tahapan yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). Subjek penelitian ini yaitu siswa-siswi yang berjumlah 36 orang pada kelas XI MIPA 4 dan XI MIPA 5 di SMA Negeri 15 Medan. Validasi terhadap instrumen tes dilakukan dua kali, yaitu validasi ahli dan validasi item. Hasil validasi ahli menunjukkan nilai rata-rata sebesar 93,53% dengan kriteria sangat valid sedangkan hasil validasi item menunjukkan bahwa kesepuluh instrumen tes berkategori valid. Ditinjau dari reliabilitas diperoleh nilai 0,78 yang artinya instrumen tes memiliki reliabilitas tinggi. Hasil uji respon siswa didapatkan bahwa persentase respon positif pada kelompok kecil sebesar 81,00% dengan kategori baik dan sebesar 81,32% pada kelompok besar dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa 10 soal telah memenuhi kriteria kelayakan instrumen tes berbasis pemecahan masalah materi fluida dinamis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2022 FIS 063
Keywords: Pemecahan masalah; Fluida dinamis; Instrumen tes; Higher order thinking skills
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 24 Oct 2023 04:57
Last Modified: 24 Oct 2023 04:57
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53461

Actions (login required)

View Item
View Item