PENGARUH PENGGUNAAN MODUL DALAM PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS PROYEK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SEMESTER 1 PADA MATERI TERMOKIMIA

Hulu, Shella Julia Rani (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MODUL DALAM PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS PROYEK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SEMESTER 1 PADA MATERI TERMOKIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4183131028 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4183131028 COVER.pdf - Published Version

Download (21kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4183131028 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4183131028 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4183131028 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4183131028 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4183131028 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4183131028 PREFACE.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4183131028 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4183131028 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4183131028 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4183131028 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4183131028 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4183131028 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4183131028 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4183131028 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan modul dalam pembelajaran kimia berbasis proyek terhadap hasil belajar siswa kelas XI semester 1 pada materi termokimia. (2) Untuk mengetahui keefektifan penggunaan modul dalam pembelajaran kimia berbasis proyek dalam proses pembelajaran siswa kelas XI semester 1 pada materi termokimia. (3) Untuk mengetahui respon siswa kelas XI semester 1 terhadap pembelajaran dengan menggunakan modul berbasis proyek pada materi termokimia. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 14 Medan T.A 2021/2022. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik Purposive Sampling sebanyak 2 kelas. Kelas XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen yang diberi pembelajaran termokimia menggunakan modul berbasis proyek dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar kimia materi termokimia dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 25 soal yang valid dan reliabel (0,8570). Teknik analisa data untuk pengujian hipotesis adalah uji t satu pihak (pihak kanan). Data yang diperoleh rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 82,59 dan kelas kontrol adalah 68,00. Hasil pengujian hipotesis taraf signifikan 0,05 diperoleh thitung>ttabel (6,441 > 1,997), sehingga H0 ditolak dan Ha diterima yaitu ada pengaruh signifikan penggunaan modul dalam pembelajaran kimia berbasis proyek terhadap hasil belajar siswa kelas XI semester 1 pada materi termokimia. Penggunaan modul pada pembelajaran kimia berbasis proyek cukup efektif (65%) dan respon siswa sangat tertarik (94,7%) terhadap hasil belajar pada materi termokimia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2022 KIM 085
Keywords: Modul; Pembelajaran berbasis proyek; Hasil belajar; Termokimia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 23 Oct 2023 07:23
Last Modified: 23 Oct 2023 07:23
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53454

Actions (login required)

View Item
View Item