PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS) PADA MATERI LAJU REAKSI

Sihombing, Rizka Khairiyah (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS) PADA MATERI LAJU REAKSI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4181131003 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4181131003 COVER.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4181131003 APPROVAL.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4181131003 APPROVAL.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4181131003 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4181131003 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4181131003 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4181131003 PREFACE.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4181131003 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4181131003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4181131003 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4181131003 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4181131003 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4181131003 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4181131003 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4181131003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kevalidan, praktikalitas, dan respon peserta didik terhadap lembar kerja peserta didik berbasis STEM pada materi laju reaksi. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri atas 4 tahap yaitu, 1) Pendefinisian (Define), 2) Perancangan (Design), 3) Pengembangan (Develop), 4) Penyebaran (Disseminate). Adapun subjek pada penelitian ini yaitu 2 orang validator ahli materi, 2 orang validator ahli media, 2 orang guru kimia, dan siswa kelas XI IPA 1 yang berjumlah 25 siswa. Instrumen pengumpulan data berupa pedoman wawancara, lembar validasi LKPD oleh validator, lembar angket praktikalitas oleh guru, dan lembar angket respon peserta didik dengan teknik analisis data menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata penilaian oleh ahli materi sebesar 81% dengan kategori layak, penilaian oleh ahli media sebesar 91% dengan kategori sangat layak, rata-rata penilaian tingkat kepraktisan oleh guru sebesar 97,7% dengan kategori sangat praktis, dan hasil respon peserta didik yaitu 98,8% siswa yang memberi jawaban “iya” dan 1,2% siswa yang memberi jawaban “tidak” sehingga LKPD yang dikembangkan berada pada kategori baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2022 KIM 063
Keywords: Laju reaksi; Lembar kerja peserta didik; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 23 Oct 2023 06:29
Last Modified: 23 Oct 2023 06:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53451

Actions (login required)

View Item
View Item