PENGEMBANGAN MEDIA AJAR INTERAKTIF BIOLOGI BERBASIS MACROMEDIA FLASH DALAM KOMPUTER PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN DAN PERNAPASAN MANUSIA UNTUK KELAS XI SMA/MA

Harahap, Hasmi Syahputra (2015) PENGEMBANGAN MEDIA AJAR INTERAKTIF BIOLOGI BERBASIS MACROMEDIA FLASH DALAM KOMPUTER PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN DAN PERNAPASAN MANUSIA UNTUK KELAS XI SMA/MA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8136174011 JUDUL. pdf.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8136174011 LEMBAR PENGESAHAN. pdf.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8136174011 ABSTRAK, ABSTRACT. pdf.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8136174011 KATA PENGANTAR. pdf.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8136174011 DAFTAR ISI. pdf.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8136174011 DAFTAR TABEL. pdf.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8136174011 DAFTAR GAMBAR. pdf.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8136174011 DAFTAR LAMPIRAN. pdf.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8136174011 BAB I. pdf.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8136174011 BAB V. pdf.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8136174011 DAFTAR PUSTAKA. pdf.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Tingkat kelayakan media ajar interaktif Biologi; (2) Tanggapan guru MGMP Biologi SMA; dan (3) Tanggapan siswa terhadap media ajar interaktif Biologi berbasis macromedia flash dalam komputer pada materi Sistem Pencernaan Makanan dan Pernapasan Manusia untuk Kelas XI SMA/MA. Penelitian pengembangan ini meliputi tahapan: (1) Pengumpulan informasi; (2) Melakukan perencanaan (menyusun tes acuan patokan); (3) Mengembangkan bentuk awal produk; (4) Validasi ahli; (5) Revisi; (6) Melakukan uji coba produk akhir; dan (7) Revisi kelayakan produk. Subjek uji coba terdiri dari ahli materi, ahli bahasa, ahli desain media pembelajaran, dan 1 guru MGMP dengan 36 siswa di MAN 1 Medan pada uji coba kelompok kecil, 4 guru MGMP dengan 85 siswa di MAN 1 dan MAN 2 Model Medan pada uji coba kelompok sedang, dan 9 guru MGMP dengan 165 siswa di MAN 1, MAN 2 Model, dan MAN 3 Medan pada uji coba kelompok besar. Data dikumpul dengan menggunakan angket. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kelayakan isi materi berada pada kriteria sangat baik (88%); (2) Bahasa dalam media pembelajaran berada pada kriteria sangat baik (85%); (3) Produk pengembangan media berada pada kriteria sangat baik (84%); (4) Tanggapan 1 guru MGMP berada pada kriteria membantu (4,1) dan 36 siswa berada pada kriteria sangat baik (82%); (5) Tanggapan 4 guru MGMP berada pada kriteria sangat membantu (4,3) dan 85 siswa berada pada kriteria sangat baik (82%); dan (6) Tanggapan 9 guru MGMP berada pada kriteria sangat membantu (4,7) dan 165 siswa berada pada kriteria sangat baik (84%).

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHasruddin, 196404241989031027
Thesis advisorDjulia, Ely196607241991032012
Call Number: 573.307 12 Har p
Keywords: Media pembelajaran; Media interaktif; Macromedia flash; Saluran pencernaan manusia; Pernapasan manusia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 18 May 2016 08:06
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5310

Actions (login required)

View Item View Item