SIFAT ANTIMIKROBA DARI Senyawa senyawa BIJI Alpinia malaccensis (Burm.f.) Roxb (Zingiberaceae

Juwitaningsih, Tita and Syah, Yana Maolana (2014) SIFAT ANTIMIKROBA DARI Senyawa senyawa BIJI Alpinia malaccensis (Burm.f.) Roxb (Zingiberaceae. In: Seminar Nasional Pendidikan Kimia SN-KPK VI, 21 June 2014, Surakarta.

[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Alpinia mallacensis (Burm.f.) Roxb yang dikenal juga dengan sebutan laja gowah, raja gowah, kamijara atau lengkuas malaka. Tumbuhan ini telah digunakan dalam pengobatan tradisional. Pada penelitian ini satu senyawa fenilpropanoid yaitu 5,6-dehidrokawain (1) dan dua senyawa kelompok diarilheptanoid (4E, 6E)-1,7-difenilhepta-4,6- dien-3-on (2) dan (E)- 5-hidroksi-1,7-difenilhept-6-en-3-on (3). telah berhasil diisolasi dari ekstrak aseton biji Alpinia malaccensis. Pemisahan dan pemurnian senyawa dilakukan dengan menggunakan metode ekstraksi dan berbagai teknik kromatografi. Penentuan stuktur ketiga senyawa tersebut dilakukan berdasarkan data spektroskopi 1D NMR (1H NMR dan 13C NMR) dan 2D NMR ( HMQC, C-COSY, HMBC). Uji aktivitas antibakteri dilakukan dengan metode mikrodilusi terhadap bakteri Escherichia coli, Bacillus subtilis, Shigella dysentriae dan Staphylococcus aureus. Nilai MIC (Minimum Inhibitory Concentration) ketiga senyawa untuk masing-masing bakteri berkisar 219,3 – 89,3 μM.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Alpinia mallacensis; Antibakteri; Minimum inhibitory concentration; Minimum bactericidal concentration
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA643 Disease (Communicable and noninfectious) and public health
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA773 Personal health and hygiene
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica > RS153 Materia medica > RS160 Pharmacognosy. Pharmaceutical substances (Plant, animal, and inorganic)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 19 Jun 2023 06:39
Last Modified: 19 Jun 2023 06:39
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53073

Actions (login required)

View Item
View Item