Aktivitas antibakteri dari ekstrak Alpinia malaccensis (Burm.f.) Roxb

Juwitaningsih, Tita and Syah, Yana Maolana and Juliawaty, Lia Dewi (2014) Aktivitas antibakteri dari ekstrak Alpinia malaccensis (Burm.f.) Roxb. In: Seminar Nasional Pendidikan Kimia SN-KPK VI, 21 June 2014, Surakarta.

[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pencarian antibiotik yang berasal dari bahan alam memiliki urgensi yang tinggi dikarenakan banyaknya bakteri yang telah resisten terhadap antibiotik yang sudah ada. Alpinia merupakan salah satu genus yang banyak dimanfaatnya dalam pengobatan tradisional untuk berbagai penyakit. Telah dilakukan uji Aktivitas anti bakteri dari ekstrak aseton bagian rimpang dan biji Alpinia malaccensis, terhadap enam bakteri gram negatif dan dua bakteri gram positif dengan metode mikro dilusi. Aktivitas penghambatan dan membunuh terbaik dari ekstrak rimpang A.malaccensis ditunjukan terhadap V.Cholera dan E. Coli, dengan MIC 37,5 μg/mL dan MBC 75 μg/mL sedangkan Aktivitas penghambatan terbaik dari ekstrak biji A. malaccensis ditunjukan terhadap V.Cholera , E. Coli ,B. subtilis S. Aureus dengan MIC 37,5 μg/mL serta kemampuan membunuh terbaiknya diperlihatkan terhadap E. Coli dengan nilai MBC 37,5 μg/mL. Biji A. malaccensis lebih potensial sebagai sumber senyawa antibakteri.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Alpinia mallacensis; Rimpang biji; Aktivitas antibakteri
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA643 Disease (Communicable and noninfectious) and public health
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA773 Personal health and hygiene
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica > RS153 Materia medica > RS160 Pharmacognosy. Pharmaceutical substances (Plant, animal, and inorganic)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 19 Jun 2023 06:31
Last Modified: 19 Jun 2023 06:31
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53071

Actions (login required)

View Item
View Item