Analisis Kesulitan Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 Siswa Smk 1 Beringin Medan

Emilia, Esi and Ingtyas, Fatma Tresno and Agustina, Nanda Dwi and Hilda, Nuwairy and Siahaan, Riana Friska (2019) Analisis Kesulitan Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 Siswa Smk 1 Beringin Medan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3 (3). pp. 1724-1730. ISSN 2614-6754 (print); 2614-3097(online)

Full text not available from this repository.

Abstract

Pandemi COVID-19 telah merubah kegiatan pembelajaran yang biasanya dilakukan disekolah terpaksa dirumah secara dalam jaringan. Perubahan metode pembelajaran ini menimbulkan
berbagai kesulitan yang dialami siswa dan guru. Tujuan penelitian untuk mengetahui kesulitan-kesulitan belajar dalam pembelajaran daring pada siswa di SMK Negeri 1 Beringin selama masa pandemi Covid-19. Metode penelitian adalah metode deskriptif kuantitatif.
Penelitian dilakukan bulan November 2020 – Januari 2021. Populasi adalah seluruh siswa dan guru yang mengajar kelas XI Tata Boga dengan total sampel sebanyak 64 orang.
Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebar melalui google form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa menghadapi beberapa kesulitan dalam pembelajaran daring. Kesulitan-kesulitan dapat dilihat dari aspek siswa, lingkungan dan fasilitas yang tersedia, serta proses pembelajaran. Rendahnya motivasi dalam pembelajaran daring,
kendala teknis yang mempengaruhi signal, ketidak mampuan dalam pembelajaran online, interaksi yang minim selama proses pembelajaran sehingga siswa mengalami kesulitan
dalam memahami materi serta tugas yang tidak dimengerti dalam pembelajaran online.

Item Type: Article
Keywords: Kesulitan belajar, daring, pandemi Covid-19
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TX Home economics > TX642 Cooking
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 13 Jun 2023 07:35
Last Modified: 13 Jun 2023 07:35
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52781

Actions (login required)

View Item
View Item