PENGEMBANGAN PRODUK ROTI TAWAR MENGGUNAKAN BAYAM SEBAGAI PANGAN FUNGSIONAL

Mutiara, Erli (2014) PENGEMBANGAN PRODUK ROTI TAWAR MENGGUNAKAN BAYAM SEBAGAI PANGAN FUNGSIONAL. In: SEMINAR NASIONAL 2014 FAKULTAS TEKNIK UNIMED, 25 februari 2014, Ruang Sidang A Lt.3 Biro Rektor Unimed.

[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (847kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk adalah (1) untuk mempelajari pembuatan tepung bayam dan mengetahui kadar Fe3+ dari tepung bayam; (2) Pengaruh subtitusi tepung bayam terhadap penerimaan roti tawar (aroma, warna, tekstur dan rasa). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah bayam cabut unggul yang dijadikan sebagai tepung bayam dan kemudian disubtitusikan kedalam pembuatan roti. Jumlah panelis sebanyak 30 orang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji analisis terhadap racun Fe3+ pada tepung bayam dapat di ketahui bahwa hasilnya dinyatakan negatif jika belum teroktidasi. Hasil uji organoleptif roti tawar yang terbaik diperoleh dengan subtitusi tepung bayam sebesar 10 persen, dengan persentase penerimaan panelis terhadap warna 96,67 persen, aroma, rasa dan tekstur masing-masing sebesar 93,33 persen, rasa 93,33. Berdasarkan penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa tepung bayam sebagai pangan pungsional dapat digunakan sebagai subtitusi pada pembuatan roti tawar dengan warna, aroma, rasa, dan tekstur yang cukup baik.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Produ;, Roti Tawar; Bayam; Pangan fungsional
Subjects: T Technology > TX Home economics
T Technology > TX Home economics > TX341 Nutrition. Foods and food supply
T Technology > TX Home economics > TX642 Cooking
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 25 May 2023 05:00
Last Modified: 25 May 2023 05:00
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52277

Actions (login required)

View Item
View Item