PKM GURU-GURU PJOK BIDANG PENDAMPINGAN MASSASE CIDERA OLAHRAGA PADA KELOMPOK KERJA GURU PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SEKOLAH DASAR (KKG PJOK SD) KECAMATAN TANJUNG MORAWA KABUPATEN DELI SERDANG PROVINSI SUMATERA UTARA

LPPM Universitas Negeri Medan (2021) PKM GURU-GURU PJOK BIDANG PENDAMPINGAN MASSASE CIDERA OLAHRAGA PADA KELOMPOK KERJA GURU PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SEKOLAH DASAR (KKG PJOK SD) KECAMATAN TANJUNG MORAWA KABUPATEN DELI SERDANG PROVINSI SUMATERA UTARA. EC00202164241.

[thumbnail of EC00202164241.pdf]
Preview
Text
EC00202164241.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Massase cidera olahraga adalah suatu seni gerak tangan yang bertujuan untuk membantu proses penangan dan penyembuhan terhadap cidera olahraga. Gerak tangan secara mekanis ini akan menimbulkan rasa tenang dan nyaman bagi penerimanya. Selama massase berlangsung, irama gerakan massase menimbulkan daya hipnotis dan suasana rileks yang terjadi selanjutnya akan menghasilkan perasaan lebih nyaman, enak, tenteram dan merasa lebih sehat. Massase dapat diberikan kepada semua orang, laki-laki, perempuan, tua, muda, dewasa maupun anak-anak. Massase cidera olahraga akan dapat membantu proses pertumbuhan dan perkembangannya.
Melalui kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yang akan dilaksanakan pada kelompok guru-guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK) adalah untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan massase cidera olahraga. Kegiatan ini bertujuan untuk : 1) meningkatkan pengetahuan mitra tentang keterampilan massase cidera olahragaterhadap semua usia khususnya anak usia sekolah. 2) menyediakan fasilitas massasecidera olahragamitra 3), melatih mitra untuk dapat melaksanakan kegiatan masasse cidera olahraga secara mandiri. 4) menjadikan program masasse cidera olahraga sebagai usaha baru bagi mitra PKM. Hasil yang diharapkan dalam kegiatan PKM adalah berkembangnya tim mitra dengan bertambahnya kemampuan dalam program masasse cidera olahraga dan dapat menjadi contoh bagi guru-guru PJOK yang lain dalam hal pengembangan usaha. Selain itu, mampu meningkatkan partisipasi dosen dan mahasiswa FIK UNIMED dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat.
Metode yang akan digunakan untuk mencapai tujuan dari kegiatan PKM adalah, pendampingan, pelatihan, penyediaan fasilitas, dan pemberdayaan dengan tahapan-tahapan sebagai berikut : 1) tahap persiapan perancangan massase cidera olahraga; 2) tahap assesment; 3) tahap perencanaan program; 4) tahap performulasi rencana aksi; 5) tahap pelaksanaan program kegiatan; 6) tahap evaluasi.

Item Type: Patent
Keywords: Massase; Cedera olahraga; Guru; Pendidikan karakter
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV201 Physical education and training
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 23 May 2023 07:10
Last Modified: 23 May 2023 07:10
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52238

Actions (login required)

View Item
View Item