PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VI DI SD MUHAMMADIYAH 12 MEDAN

Nasution, Ismail Saleh (2015) PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VI DI SD MUHAMMADIYAH 12 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 - COVER.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 - LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 - ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 - KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 - DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 - DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 - DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 - DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 - BAB I.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 - BAB V.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) untuk mengetahui perbedaan pengaruh strategi pembelajaran kooperatif tipe think pair share, strategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, dan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pokok menghitung luas dan volume di kelas VI SD Muhammadiyah 12 Medan; dan (2) untuk mengetahui perbedaan pengaruh strategi pembelajaran kooperatif tipe think pair share, strategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, dan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok menghitung luas dan volume di kelas VI SD Muhammadiyah 12 Medan. Subjek dalam penelitian ini diambil sebanyak 3 kelas yang ditentukan secara acak teknik random sampling. Metode penelitian menggunakan penelitian quasi-eksperimen dengan rancangan kelompok pretest-posttestt experiment group design. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (1) Kemampuan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe think pair share secara signifikan lebih tinggi dibandingkan kemampuan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan yang dibelajarkan dengan strategi konvensional; dan (2) Hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe think pair share secara signifikan lebih tinggi dibandingkan hasil belajar yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan yang dibelajarkan dengan strategi konvensional. Hasil penelitian ini diharapkan memberikan informasi bagi guru dan sekolah untuk menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe think pair share untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar Matematika materi pokok menghitung luas dan volume di kelas VI SD.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorArmanto, Dian196310111988031001
Thesis advisorSumarno, 196303201991021001
Call Number: 372.7 Nas p
Keywords: Hakikat belajar; Belajar matematika; Berpikir kritis; Pembelajaran kooperatif; Strategi pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 13 May 2016 04:30
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5220

Actions (login required)

View Item View Item