UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN DENGAN METODE PENEMUAN TERBIMBING DI KELAS X SMA NEGERI I BABALAN P. BERANDAN

Rianto, Didi (2015) UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN DENGAN METODE PENEMUAN TERBIMBING DI KELAS X SMA NEGERI I BABALAN P. BERANDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4113111020 _COVER SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4113111020 _COVER SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4113111020 _APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4113111020 _APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4113111020_ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4113111020_ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4113111020_PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4113111020_PREFACE.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4113111020_TABLE OF CONTENTS.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4113111020_TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4113111020_ILLUSTRATIONS.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4113111020_ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4113111020_TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4113111020_TABLES.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4113111020_GRAPHICS.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4113111020_GRAPHICS.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4113111020_APPENDIX.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4113111020_APPENDIX.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 4113111020_CHAPTER  I.pdf]
Preview
Text
10. NIM. 4113111020_CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (429kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4113111020_CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4113111020_CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM. 4113111020_BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
15. NIM. 4113111020_BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa menggunakan pembelajaran dengan metode penemuan terbimbing di kelas X SMA Negeri 1 Babalan, P. Berandan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-2 SMA Negeri 1 Babalan, P. Berandan tahun ajaran 2015/2016 berjumlah 32 orang. Objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan kemandirian dan hasil belajar matematika siswa pada materi logaritma di kelas X SMA Negeri 1 Babalan, P. Berandan tahun ajaran 2015/2016.
Pengambilan data dilakukan dengan observasi kemandirian belajar, tes diagnostik, tes hasil belajar pada akhir siklus, lembar observasi untuk tiap kali pertemuan. Kemandirian dan hasil belajar siswa mengalamai peningkatan. Hal ini dilihat dari peningkatan rata-rata nilai kemandirian siswa dari siklus I dan siklus II, yakni dari 1,23 dengan tingkat kemandirian cukup baik di siklus I menjadi 2,79 dengan tingkat kemandirian baik. Peningkatan hasil belajar siswa juga dapat dilihat pada rata-rata nilai tes hasil belajar siswa dari tes diagnostik, siklus I, dan siklus II, yakni dari 53,91 (53,91%) dengan tingkat kemampuan sangat rendah di tes awal menjadi 61,16 (61,16 %) dengan tingkat kemampuan rendah di siklus I dan menjadi 80,47 (80,47%) dengan tingkat kemampuan tinggi di siklus II.
Kelebihan penerapan model pembelajaran ini adalah dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami konsep melalui kegiatan berdiskusi dan siswa menjadi berani dalam mengeluarkan pendapat serta tampil di depan kelas menuliskan hasil pekerjaannya.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penemuan terbimbing dapat meningkatkan kemandirian dan hasil belajar matematika siswa pada materi logaritma di kelas X SMA Negeri 1 Babalan, P. Berandan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 MAT 017
Keywords: Kemandirian Belajar; Hasil Belajar; Penemuan Terbimbing; PTK.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 12 May 2016 18:07
Last Modified: 12 May 2016 18:07
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5212

Actions (login required)

View Item
View Item