Siregar, Arifin Rainaldi (2023) HUBUNGAN KEDISIPLINAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PEMESINAN BUBUT DI KELAS XI TEKNIK PEMESINAN PADA SMK NEGERI 2 PADANG SIDIMPUAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM.5163321004 COVER.pdf - Published Version
Download (396kB) | Preview
2. NIM 5163321004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 5163321004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (719kB) | Preview
4. NIM 5163321004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (639kB) | Preview
5. NIM 5163321004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (639kB) | Preview
6. NIM 5163321004 TABLE.pdf - Published Version
Download (366kB) | Preview
7. NIM 5163321004 7 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (365kB) | Preview
8. NIM 5163321004 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (366kB) | Preview
9. NIM 5163321004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
![[thumbnail of 10. NIM 5163321004 CHAPTER II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. NIM 5163321004 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
![[thumbnail of 11. NIM 5163321004 CHAPTER III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
11. NIM 5163321004 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
![[thumbnail of 12. NIM 5163321004 CHAPTER IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
12. NIM 5163321004 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
![[thumbnail of 13. NIM 5163321004 CHAPTER V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
13. NIM 5163321004 CHAPTER V.pdf
Download (716kB)
![[thumbnail of 14. NIM 5163321004 BIBLIOGRAPHY.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
14. NIM 5163321004 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (717kB)
![[thumbnail of 15. NIM 5163321004 ENCLOSURE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
15. NIM 5163321004 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (20MB)
Abstract
Penelitian bertujuan mengetahui besar hubungan antara kedisiplinan belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar teknik pemesinan bubut kelas XI SMK Negeri 2 Padang Sidimpuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian korelasional Sampel penelitian berjumlah 116 siswa, cara pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode Kerjcie Morgan (Isaac dan Michael) dengan tingkat kesalahan = 5%. Uji validitas instrumen menggunakan koefisien korelasi Product Moment, dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach dan Koefisien Kesepakatan. Hasil penelitian di analisis menggunakan koefisien korelasi Product Moment, Korelasi Parsial, dan korelasi ganda dengan bantuan program SPSS 25.0.
Hasil penelitian menunjukkan; (1) terdapat hubungan signifikan antara kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar teknik pemesinan bubut. Diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,347; (2) terdapat hubungan signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar teknik pemesinan bubut. Diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,375; (3) terdapat hubungan signifikan antara kedisiplinan belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar teknik pemesinan bubut. Dengan persamaan regresi Yˆ = 3,137 + 0,231 X1 + 0,408 X2, diperoleh koefisien korelasi sebesar (R = 0,431) dan nilai pengaruhnya 18,6%. Hasil analisis regresi nilai Fh = 21,879 dan harga Ft = 3,076 pada taraf signifikan 5%, sehingga Fh > Ft (21,879 > 3,076). Dengan demikian variabel kedisiplinan belajar, motivasi belajar, dan hasil belajar teknik pemesinan bubut memiliki hubungan yang signifikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kedisiplinan Belajar, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Teknik Pemesinan Bubut |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 24 Mar 2023 01:44 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 02:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51390 |