PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS HOTS MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TOPIK GEOMETRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA

Sitepu, Ekalias Noka (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS HOTS MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TOPIK GEOMETRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM 8206182030 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8206182030 COVER.pdf - Published Version

Download (13kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 8206182030 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8206182030 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 8206182030 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8206182030 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 8206182030 ACKNOWLEDGEMENT.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8206182030 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 8206182030 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8206182030 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 8206182030 LIST OF TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8206182030 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 8206182030 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8206182030 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 8206182030 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8206182030 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 8206182030 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 8206182030 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (285kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 8206182030 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 8206182030 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 8206182030 REFERENCES.pdf]
Preview
Text
14. NIM 8206182030 REFERENCES.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertolak dari model pembelajaran yang dilakukan cenderung berpusat pada guru, dimana guru belum pernah mengembangkan suatu perangkat pembalajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: menghasilkan produk Perangkat Pembelajaran Berbasis HOTS Melalui Pembelajaran Matematika Realistik Topik Geometri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan yang dilaksanakan di Kelas IV SDN 155701 Pahieme 2 Kecamatan Sorkam Barat pada siswa dan guru Sekolah Dasar dilaksanakan pada Tahun 2021/2022. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas IV Sekolah Dasar terdiri dari masing-masing 32 siswa setiap kelasnya.
Objek dalam penelitian ini adalah produk Perangkat Pembelajaran Berbasis HOTS melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Instrumen pengeumpulan data yang digunakan terdiri dari: (1) tes kemampuan berpikir kreatif; (2) lembar observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran, dan (3) lembar observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: perhitungan nilai t untuk faktor pembelajaran sebesar 5,499, maka dapat disimpulkan bahwa thitung = 5,499 > dengan ttabel = 2,042, dengan taraf signifikansi sebesar 0.000. Nilai tersebut jauh lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05, sehingga disimpulkan bahwa H0 yang menyatakan kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajarkan dengan perangkat pembelajaran berbasis HOTS melalui pembelajaran matematika realistik lebih rendah dari pada kemampuan berpikir kreatif siswa siswa yang diajarkan dengan Perangkat Pembelajaran konvensional ditolak. Dengan kata lain dapat dinyatakan kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajarkan dengan perangkat pembelajaran berbasis HOTS melalui pembelajaran matematika realistik lebih tinggi dari pada kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajarkan dengan Perangkat Pembelajaran konvensional. Dengan kata lain dapat dinyatakan kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajarkan dengan perangkat pembelajaran berbasis HOTS melalui pembelajaran matematika realistik sangat efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Perangkat Pembelajaran Pembelajaran Matematika Realistik, Berbasis HOTS, dan Kemampuan Berpikir Kreatif
Subjects: Q Science > QC Physics > QC501 Electricity
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 09 May 2023 06:57
Last Modified: 09 May 2023 06:57
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51326

Actions (login required)

View Item
View Item