PENGARUH PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI MAN 2 LANGKAT

Matondang, Atika Wasilah and Prastowo, Puji (2023) PENGARUH PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI MAN 2 LANGKAT. In: Seminar Nasional VII Biologi dan Pembelajarannya “Realisasi Strategis Pembelajaran Biologi Berbasis ICT (Information and Comunnication Technology) dengan Penerapan Kerangka Kerja Berbasis Keterampilan Abad 21”, 9 November 2022, Online.

[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi ekosistem kelas X MIPA MAN 2 Langkat. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret-Mei, di MAN 2 Langkat. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIPA sebanyak 157 orang. Sampel diambil secara purposive sampling dan berjumlah 80 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
rata-rata hasil belajar siswa pada kelas yang diajar dengan memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar (87,1 ± 6,24) sedangkan kelas yang diajar tanpa memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar (82,2. ± 6,89). Uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi ekosistem kelas X MIPA MAN 2 Langkat.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Canva, Media Pembelajaran ICT
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 06 Mar 2023 08:10
Last Modified: 06 Mar 2023 08:26
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51007

Actions (login required)

View Item
View Item