PERBANDINGAN PENGUNAAN METODE PETA PIKIRAN DENGAN PETA KONSEP TERHADAP BELAJAR SISWA DIKELAS XI IPA SMA NEGERI 19 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Areeisty, Kharina (2016) PERBANDINGAN PENGUNAAN METODE PETA PIKIRAN DENGAN PETA KONSEP TERHADAP BELAJAR SISWA DIKELAS XI IPA SMA NEGERI 19 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4122141025 COVER.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4122141025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4122141025 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4122141025 PREFACE.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4122141025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4122141025 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4122141025 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 4122141025 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4122141025 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 4122141025 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4122141025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang dilakukan di SMA Negeri 19 Medan ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan metode peta pikiran dengan peta konsep. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan memberikan perlakuan kepada kedua kelompok sampel penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 19 Medan yaitu sebanyak enam kelas dengan rata-rata jumlah siswa 42 orang. Sampel penelitian diambil dua kelas yang ditentukan dengan teknik random sampling, yaitu Kelas Eksperimen I dan Kelas Eksperimen II masing-masing sebanyak 42 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dalam bentuk objektif tes, yaitu untuk soal pretes dan postes masing-masing sebanyak 25 soal yang masing-masing telah dinyatakan valid dan reliabel. Sebelum pengujian hipótesis terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas tes. Normalitas diuji dengan menggunakan teknik Lilliefors dan homogenitas dengan menggunakan uji F. Dari pengujian yang dilakukan diperoleh bahwa kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode peta pikiran lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan metode peta konsep dengan hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,541 > 1,667 pada taraf . Hasil belajar siswa kelas Eksperimen I diperoleh rata-rata pretes sebesar 74,476 dan rata-rata postes sebesar 87,714. Sedangkan hasil belajar siswa kelas Eksperimen II diperoleh rata-rata pretes sebesar 62,381 dan rata-rata postes sebesar 85,714.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorHarsono, Try196512311990031018
Call Number: SK-2016 BIO 021
Keywords: Mind map; Ginjal; Urin; Manusia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 03 May 2016 00:51
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5076

Actions (login required)

View Item View Item